7 Buah Ini Baik Dikonsumsi Penderitas Diabetes, Gula Darah Tetap Aman

Selasa, 31 Agustus 2021 - 08:11 WIB
loading...
7 Buah Ini Baik Dikonsumsi Penderitas Diabetes, Gula Darah Tetap Aman
Ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi para pengidap diabetes. Foto/Ilustrasi/Unsplash
A A A
JAKARTA - Sayur dan buah masing-masing memiliki manfaat untuk kesehatan. Meski demikian, untuk kondisi tertentu, misal penderita diabetes, perlu hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar gula darah tetap stabil.

Ada beberapa jenis buah yang dapat memicu diabetes atau kadar gula darah melonjak naik. Meski demikian, ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi para pengidap diabetes.

Diabetes sendiri, menjadi penyakit yang tidak menular, akan tetapi bisa diderita oleh siapa saja dan pada usia berapapun. Penyakit ini biasanya karena faktor keturunan dan sulit mengontrol asupan gula yang dikonsumsi.

Berikut adalah buah yang baik untuk penderita diabetes dikutip dari Buku Jamu Ajaib Penakluk Diabetes oleh Ning Harmanto dan dr Prapti Utama, Senin (30/8/2021).



1. Pepaya

Buah pepaya sering dikonsumsi masyarakat Indonesia dan terkenal mampu melancarkan pencernaan. Buah dengan nama latin Carica ini juga rendah gula, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Apel

Buah satu ini memiliki rasa manis, bahkan sangat baik dikonsumsi oleh para pengidap diabetes. Sebab, kandungan nutrisinya dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

Hal itu dikarenakan, kandungan serat pada buah apel bermanfaat untuk membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Dengan begitu, buah satu ini bisa memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah.

3. Semangka

Semangka mengandung asam amino sitrullin, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, arginine, betain, likopen, karoten, natrium, kalium, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa. Dengan begitu, kebanyakan kandungan buah ini adalah gula baik untuk tubuh yang dapat dicerna dengan kadar secukupnya oleh penderita diabetes.

4. Stroberi

Stroberi menjadi buah yang mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.



5. Pir

Satu buah pir saja, kaya akan gizi dan memiliki banyak manfaat. Buah ini di antaranya berkhasiat sebagai antikanker, antibakteri, vitamin C dan provitamin A. Sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan atau mencegah timbulnya beragam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

6. Plum atau prem

Buah plum atau dikenal dengan prem dapat dimakan langsung, atau setelah dikeringkan. Buah ini juga kaya akan kumpulan vitamin B kompleks, vitamin B6, vitamin K, asam pantotenik, sorbitol, isatin, kalium, florida, dan zat besi. Selain mampu menjadi antioksidan, ternyata plum juga bisa dijadikan sebagai pencegahan diabetes.

7. Jambu biji

Jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan ( vitamin A , vitamin C, betakaroten, dan asam folat) yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan vitamin C pada jambu biji bahkan terhitung dua kali lebih banyak daripada kandungan vitamin C pada satu buah jeruk manis.



(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3505 seconds (0.1#10.140)