Polusi Udara Dapat Menyebabkan Serangan Jantung, Waspada!

Selasa, 31 Agustus 2021 - 21:48 WIB
loading...
Polusi Udara Dapat Menyebabkan Serangan Jantung, Waspada!
Polusi Udara Dapat Menyebabkan Serangan Jantung, Waspada! Foto/Medical News Today.
A A A
JAKARTA - Polusi udara dapat menyebabkan serangan jantung . Sebuah studi baru telah mengidentifikasi hubungan dosis-respons antara konsentrasi polutan sehari-hari dan kejadian serangan jantung di luar rumah sakit.

"Kami mempelajari tujuh polutan umum dan menemukan bahwa ketika konsentrasi masing-masing meningkat, risiko serangan jantung meningkat,” kata penulis studi Dr Francesca R. Gentile dari IRCCS Policlinico San Matteo Foundation, Pavia, Italia.

“Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas udara harus dimasukkan ke dalam model prediktif untuk membantu sistem kesehatan dalam merencanakan kebutuhan layanan,” tambahnya dilansir dari Health Shots, Selasa (31/8).

Polusi udara telah ditetapkan sebagai pemicu potensial untuk serangan jantung di luar rumah sakit tetapi hubungan dengan polutan udara tertentu tetap kontroversial karena sejumlah mekanisme yang terlibat.

Studi ini meneliti hubungan antara paparan jangka pendek terhadap partikulat dan polutan gas dan kejadian henti jantung di luar rumah sakit. Penelitian dilakukan di provinsi Pavia, Lodi, Cremona dan Mantua di Lombardy selatan, yang mencakup 7.863 km2 di wilayah metropolitan dan pedesaan dengan lebih dari 1,5 juta penduduk.


Data kejadian harian henti jantung pada tahun 2019 diperoleh dari registrasi henti jantung regional Lombardia CARe. Informasi tentang konsentrasi harian partikel (PM10, PM2.5), nitrogen dioksida, karbon monoksida, benzena, sulfur dioksida dan ozon di seluruh wilayah studi disediakan oleh badan regional untuk perlindungan lingkungan (ARPA).

Penulis menghitung median kejadian harian serangan jantung pada tahun 2019, kemudian diklasifikasikan setiap hari sebagai insiden yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai median. Dengan menggunakan nilai konsentrasi yang disediakan oleh stasiun pemantauan di seluruh wilayah studi, penulis menghitung rata-rata konsentrasi polutan harian.

Sebanyak 1.582 serangan jantung di luar rumah sakit terjadi di wilayah penelitian selama 2019, dengan rata-rata insiden harian 0,3 kasus per 100.000 penduduk. Konsentrasi PM10, PM2.5, nitrogen dioksida, karbon monoksida, benzena, dan sulfur dioksida secara signifikan lebih tinggi pada hari-hari dengan kejadian serangan jantung di atas median, dibandingkan dengan hari-hari ketika kejadian di bawah median.

Dalam analisis awal, ozon menunjukkan tren yang berlawanan, berada pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi pada periode insiden rendah. Para peneliti kemudian mengevaluasi hubungan antara konsentrasi (atau dosis) masing-masing polutan dan kemungkinan terjadinya serangan jantung di atas nilai median.

Setelah mengoreksi suhu rata-rata harian, hubungan dosis-respons ditunjukkan untuk semua polutan yang diuji, termasuk ozon, di mana peningkatan konsentrasi dikaitkan dengan kemungkinan serangan jantung yang lebih tinggi. Hubungan terbalik ditemukan untuk suhu, dengan kemungkinan serangan jantung meningkat saat suhu turun.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2186 seconds (0.1#10.140)