Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan Agar Tak Makin Parah

Kamis, 02 September 2021 - 11:26 WIB
loading...
Cara Mengatasi Gatal di Selangkangan Agar Tak Makin Parah
Cara mengatasi gatal di selangkangan bisa dilakukan tanpa obat-obatan. Foto: Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi gatal di selangkangan bisa dilakukan tanpa harus mengonsumsi obat bukanlah hal yang mustahil. Ya gatal di area selangkangan memang sangat mengganggu. Rasa gatal yang muncul sewaktu-waktu membuat seseorang sangat merasa terganggu. Apalagi bila rasa gatal datang saat berada di tempat umum.

Gatal di selangkangan paling sering disebabkan oleh infeksi jamur. Jamu Tinea cruris ini biasa disebut dengan jock itch. Di dalam bahasa Indonesia, sering disebut kurap selangkangan atau infeksi jamur saja.

Jamur ini kerap menyerang area yang meliputi lipat selangkangan, meluas ke perut bawah, dan bisa sampai bokong ketika semakin meluas. Tandanya berupa timbul bercak-bercak kemerahan melingkar, bersisik, dan gatal. Lama-kelamaan kondisi tersebut dapat menebal, menghitam, dan semakin meluas. Nah berikut ini cara mengatasi rasa gatal tersebut seperti dilansin laman Alodokter:

Baca Juga : Memilih Obat Gatal Selangkangan Sesuai Penyebabnya, Ini Rekomendasinya!

1. Jaga kulit di area selangkangan tetap bersih dan kering. Dalam kondisi lembab jamur akan tumbuh subur.

2.Jangan memakai pakaian yang bisa menggosok dan mengiritasi area selangkangan.Gosokan celana bisa membuat area ini terinfeksi dan menyebabkan rasa gatal.

3. Kenakan pakaian dalam yang longgar. Pakaian, khususnya celana yang longgar bisa dipilih untuk menghindari adanya gesekan celana dengan area selangkangan yang akan menyebabkan iritasi.

4. Sering ganti pakaian dalam. Pakaian dalam yang kotor akan menjadi area yang nyaman bagi jamur. Pakain yang kotor juga kalau dipakai kelamaan akan makin lembab. Nah untuk itu rajin-rajinlah mengganti pakaian, terutama pakaian dalam setiap habis mandi, minimal dua kali sehari.

5. Cucilah ruam dengan sabun dan air, lalu olesi krim anti-jamur di atas ruam dan di luar tepi ruam.

Baca Juga : Riset Mahasiswa UB, Enceng Gondok Mujarab Sembuhkan Gatal dan Bentol Kulit

Nah bila cara-cara tersebut belum bisa mengurangi rasa gatal di area selangkangan, maka sebaiknya hubungi dokter.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2882 seconds (0.1#10.140)