Cara Mengatasi Hipotermia, Lakukan 5 Langkah Ini!

Kamis, 02 September 2021 - 20:35 WIB
loading...
A A A
Antara orang dewasa dengan bayi masing-masing mempunyai gejala yang berbeda saat mereka terserang hipotermia. Gejala pada orang dewasa antara lain tubuh gemetar dan menggigil. merasa lelah dan kebingungan, berbicara cadel, tubuh sulit bergerak hingga mengantuk.

Sementara pada bayi akan timbul gejala seperti lesu, kulit pucat, dan susah bernapas yang mengakibatkan mereka tiba-tiba menangis tanpa sebab hingga tidak mau menyusu.

Dilansir dari CDC, Kamis (2/9), suhu tubuh yang terlalu rendah dapat memengaruhi otak sehingga membuat penderita tidak bisa berpikir atau bergerak dengan baik. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dalam kondisi tersebut, seseorang tidak sadar akan apa yang terjadi dan tak bisa berbuat apa-apa.

Bahkan jika tidak segera ditangani, melansir dari Hellosehat, hipotermia mampu menghambat fungsi organ vital seperti jantung dan menyerang pernapasan yang bisa saja berakibat fatal. Lantas, bagaimana penanganannya?

1. Bawa ke Tempat Hangat

Pindahkan segera penderita hipotermia ke tempat yang lebih hangat. Jangan lupa untuk melepaskan pakaian basah yang dikenakan, kemudian hangatkan tubuh penderita dengan selimut, handuk, pakaian atau apapun yang cukup tebal.

2. Kompres Hangat di Leher atau Lipatan Paha

Mengompres bagian leher dan lipatan paha ini berfungsi untuk menaikkan suhu tubuh. Sebaiknya gunakanlah kantong kompres kering. Jika suhu tubuh sudah meningkat, tetap jaga penderita untuk tetap kering dengan membalut tubuhnya menggunakan selimut hangat, termasuk bagian kepala dan leher.

3. Minuman Hangat Dapat Bantu Menaikkan Suhu Tubuh

Berikanlah minuman hangat kepada penderita hiportemia. Minuman hangat dapat membantu menaikkan suhu tubuh. Tapi jangan memberikan minuman beralkohol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9987 seconds (0.1#10.140)