Raih Beasiswa, Para Perempuan Muda Ini Bersiap Wujudkan Mimpi

Jum'at, 03 September 2021 - 21:30 WIB
loading...
Raih Beasiswa, Para Perempuan Muda Ini Bersiap Wujudkan Mimpi
Mimpi perempuan muda Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi bukan lagi sekadar mimpi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mimpi perempuan muda Indonesia untuk mengenyam pendidikan tinggi bukan lagi sekadar mimpi. Dengan tekad serta keyakinan yang kuat, mimpi itu bisa diwujudkan salah satunya melalui jalan beasiswa .

Jalan itulah yang kini sedang diretas oleh Andina Fitriyah Salsabilah, Lestari, dan Laras Ayuningtyas. Ketiganya berasal dari latar sekolah yang berbeda, namun memiliki mimpi yang sama, yaitu berkuliah di bidang studi yang mereka minati. Jalan yang mereka pilih untuk meraih mimpi itu pun sama, yaitu lewat program Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021.



Sejak 2017, Glow & Lovely Bintang Beasiswa bekerja sama dengan Hoshizora Foundation secara konsisten telah memfasilitasi perempuan muda Indonesia yang ingin melangkah maju. Inisiatif ini ada mengingat fakta bahwa masih banyak perempuan muda Indonesia yang terhalang untuk mengenyam pendidikan tinggi karena berbagai keterbatasan.

"Sudah seharusnya perempuan mendapatkan dukungan akses pendidikan yang lebih tinggi agar mereka menjadi lebih berdaya serta memaksimalkan peranan di dalam keluarga dan masyarakat," kata Senior Brand Manager Glow & Lovely Imelda Scherers dalam konferensi pers virtual Inaugurasi 60 Peserta Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021, belum lama ini.

Menurut Co-Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan Novi Poespita Chandra, hingga saat ini angka partisipasi kasar perguruan tinggi di Tanah Air tercatat masih rendah, yaitu 30,85%. Mayoritas lulusan sekolah menengah atas dan sederajat mengakui bahwa kesulitan ekonomi adalah salah satu penghambat utama.

"Tantangan itu kian berat saat pandemi karena para perempuan muda juga harus berhadapan dengan penilaian sosial yang kerap memarginalkan. Akhirnya ada yang memilih tidak berkuliah, ada pula yang tetap meneruskan dengan penuh tekanan. Artinya, dukungan menyeluruh guna membantu mereka mengoptimalkan potensi masih sangat dibutuhkan," papar Novi.

Kendala itu coba dipecahkan oleh Glow & Lovely melalui program beasiswanya, yang salah satu misinya adalah mencerahkan masa depan perempuan Indonesia.

"Selama lima tahun kami berkomitmen untuk #CerahkanPendidikanIndonesia sebagai perwujudan dari purpose atau tujuan mulia kami. Yaitu dengan memberikan beasiswa kepada perempuan melalui program Glow & Lovely Bintang Beasiswa,” ujar Imelda.

Dari tahun ke tahun, program Glow & Lovely Bintang Beasiswa terus memperluas cakupan wilayah pendaftaran agar bisa menjangkau lebih banyak calon peserta. Tahun ini tercatat hampir 16 ribu perempuan muda telah mendaftarkan diri. Mereka berasal dari 14 provinsi, yang tiga di antaranya merupakan cakupan provinsi baru yang ada di Sumatera yaitu Aceh, Riau, dan Lampung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)