Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Ini Ampuh Lawan Covid-19

Selasa, 07 September 2021 - 11:16 WIB
loading...
Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Ini Ampuh Lawan Covid-19
Vitamin untuk daya tahan tubuh banyak dicari di masa pandemi. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Vitamin untuk daya tahan tubuh banyak dicari di masa pandemi Covid-19 . Sebab, penyakit Covid-19 masuk ke tubuh ditandai dengan kemunculan beberapa gejala seperti pilek, demam, flu, atau batuk.

Gejala-gejala seperti itu sebetulnya bisadilawandengan memperkuat vitamin dalam tubuh. Vitamin B, C, dan D, serta zinc, dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit dengan cara yang sama seperti mereka mengatasi pilek atau demam yang biasa dilaporkan pasien Covid-19 atau penyakit lainnya.

Secara lebih detail, laman Medicine Net menjabarkan fungsi dari keempat komponen tersebut sebagai berikut:

1. Vitamin C

Pada umumnya vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat melawan pilek lebih cepat. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan, termasuk peradangan paru-paru akibat Covid-19. Peradangan ini yang kemudian menyebabkan gangguan pernapasan atau bahkan kematian.

Baca Juga: Begini Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin D

"Jadi, jika Anda sehat, tidak ada salahnya mulai mengonsumsi vitamin C yang seimbang dengan kebutuhan tubuh," saran laman tersebut.

2. Vitamin D

Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah yang optimal. Vitamin D alami bisa didapatkan dari sinar ultraviolet matahari atau bisa juga melalui suplemen dan makanan tinggi vitamin D.

"Memastikan vitamin D dalam tubuh tercukupi dapat melindungi Anda dari infeksi pernapasan. Suplementasi vitamin D secara signifikan mengurangi kemungkinan infeksi saluran pernapasan dan ini sudah dibuktikan dalam studi klinis yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics," papar laporan tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1931 seconds (11.252#12.26)