Serangan Jantung Banyak Dialami Anak Muda, Ini Penyebabnya

Rabu, 08 September 2021 - 16:59 WIB
loading...
Serangan Jantung Banyak Dialami Anak Muda, Ini Penyebabnya
Serangan jantung yang kerap dikaitkan dengan masalah orangtua kini menyerang anak muda juga. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Serangan jantung yang kerap dikaitkan dengan masalah orangtua kini tak pandang bulu menyerang anak muda juga. Ya, masalah kardiovaskular mulai menjadi masalah serius bagi kaum muda.

"Serangan jantung atau infark miokard mengacu pada penyumbatan atau gumpalan darah yang terbentuk di dalam arteri. Karena adanya sumbatan, aliran darah jadi terhalang dan jantung pun tak mendapatkan suplai darah yang cukup," kata dr Sudhir Pillai, Konsultan Kardiologi RS Hinduja, Mahim, Mumbai, India, dikutip Rabu (8/9/2021).



Ia melanjutkan, jika aliran darah ke jantung tersumbat secara tiba-tiba akibat pembentukan plak, hasil dari timbunan lemak, termasuk kolesterol , arteri koroner dapat menyempit yang pada akhirnya menyebabkan serangan jantung.

"Serangan jantung dapat sangat berakibat fatal, oleh karena itu jika terjadi diperlukan perawatan medis yang tepat dan sesegera mungkin," tambahnya.

Lantas, mengapa anak muda sekarang banyak yang mengalami serangan jantung? Benarkah faktor utamanya adalah gaya hidup?

Perlu diketahui sebelumnya bahwa penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit yang terjadi di jantung, sudah ada sejak dulu kala. Ini bukan sesuatu yang baru, namun terus berevolusi dan salah satu perubahan yang terjadi adalah sasaran penyakit.

Dulu penyakit ini menyasar lansia, tetap kini anak muda. Meskipun tidak ada usia pasti berapa rentang umur kelompok berisiko tinggi serangan jantung.

Soal penyebab, beberapa ahli mengatakan serangan jantung di usia muda berkaitan dengan multifaktor, mulai gaya hidup, apa yang dikonsumsi setiap hari, rutinitas olahraga, dan bagaimana Anda mengelola stres menjadi pemantik dari serangan jantung tersebut.

Alasan utama, menurut dr Vanita Arora, Konsultan Senior sekaligus Ahli Elektrofisiologi Jantung dan Ahli Jantung Intervensi dari RS Apollo New Delhi, ialah anak muda saat ini tidak secara rutin memeriksakan jantungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3161 seconds (0.1#10.140)