Bumbu Dapur Ini Terbukti Bisa Tingkatkan Gairah Seks Wanita

Sabtu, 11 September 2021 - 20:00 WIB
loading...
Bumbu Dapur Ini Terbukti Bisa Tingkatkan Gairah Seks Wanita
Fenugreek bumbu dapur yang biasa ditemukan pada masakan India dapat meningkatkan gairah seks wanita. Peneliti mengklaim membantu mengurangi masalah vagina. Foto/Metro.
A A A
JAKARTA - Fenugreek yaitu bumbu dapur yang biasa ditemukan pada masakan India dipercaya dapat meningkatkan gairah seks wanita. Para peneliti mengklaim tanaman itu dapat membantu mengurangi masalah vagina kering .

Penelitian ini melibatkan 24 wanita menstruasi berusia antara 20 hingga 48 tahun, yang mengonsumsi ekstrak fenugreek organik. Hasil penelitian menunjukkan mereka mengalami peningkatan libido , iritabilitas yang lebih rendah dan peningkatan estradiol, hormon seks wanita.

Ditemukan juga peningkatan 41,6% dalam masalah seksual dan peningkatan 40% dalam iritabilitas. Estradiol merupakan sejenis estrogen yang bertugas memodulasi hasrat seksual pada wanita dan membantu mengatur siklus reproduksi menstruasi.

Dilansir dari Metro, Sabtu (11/9/2021), pada wanita menopause, tanaman yang sama dapat membantu mengurangi keparahan masalah umum seperti vagina kering, disfungsi seksual, hot flushes, berkeringat, gangguan tidur, perubahan suasana hati dan depresi.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Ramuan Turunkan Gula Darah Tinggi dalam 2 Jam

Fenugreek mengandung fitoestrogen, yang merupakan jenis bahan kimia tanaman yang mirip dengan hormon seks wanita estrogen. Ini memiliki senyawa bioaktif yang disebut saponin yang terlibat dalam produksi sejumlah hormon seks lainnya, seperti androgen.

Para ilmuwan mengatakan fenugreek dapat menjadi alternatif alami untuk masalah seksual pada wanita. Tetapi wanita tidak boleh mengonsumsi fenugreek selama kehamilan, karena dapat menyebabkan kontraksi sebelum waktunya dan berisiko keguguran.

Baik daun dan biji fenugreek digunakan dalam masakan India lantaran merupakan bumbu dapur yang populer dan ramuan obat dengan aplikasi yang luas. Penelitian ini menunjukkan bahwa fenugreek membantu menjaga keseimbangan hormon normal.

Selain itu, fenugreek menawarkan pengurangan yang signifikan dalam masalah seksual dan skor iritabilitas di antara para peserta. Analisis hormon juga menunjukkan peningkatan kadar testosteron yang diproduksi, yang merupakan hormon seks utama pada pria meskipun juga ditemukan pada wanita.

Baca Juga: Kehilangan Gairah? Cobalah 5 Olahraga yang Bisa Meningkatkan Libido Berikut Ini

Dalam studi ini, peneliti menjelaskan bahwa testosteron dan androgen lainnya memainkan peran penting dalam fungsi seksual wanita yang sehat, terutama dalam merangsang minat seksual dan mempertahankan hasrat. Testosteron juga penting dalam memodulasi fisiologi klitoris dan vagina untuk memfasilitasi pelumasan genital, sensasi, dan pembengkakan.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1420 seconds (10.101#12.26)