5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation

Sabtu, 11 September 2021 - 23:00 WIB
loading...
5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation
Banyak kota menarik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk citycation. Traveling tidak melulu soal mengunjungi destinasi wisata alam atau luar negeri. Foto/dok resmi.
A A A
JAKARTA - Banyak kota menarik di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk citycation . Pada dasarnya, traveling tidak melulu soal mengunjungi destinasi wisata alam atau ke luar negeri. Banyak cara dan tempat untuk melakukan traveling, salah satunya adalah citycation.

Citycation berasal dari dua kata yaitu city dan staycation, yang artinya melakukan staycation atau menginap di akomodasi di suatu kota tertentu. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk menghibur diri dan menghilang sejenak dari rutinitas harian.

Pilihan liburan ini cenderung lebih aman di masa PPKM seperti sekarang dan juga bisa mendongkrak perekonomian domestik. Di Indonesia, ada banyak kota besar dan menarik yang bisa dikunjungi untuk citycation dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19 .

Berikot kota yang bisa Anda jadikan pilihan untuk citycation berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Sabtu (11/9/2021).


Jakarta

5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation


Kota yang satu ini tidak mungkin tidak ada dalam daftar kota yang bisa dikunjungi untuk citycation. Sebagai ibu kota dan kota terbesar di Indonesia, tentu banyak hal yang ditawarkan untuk membuat liburan terasa menyenangkan. Di saat pandemi Covid-19 seperti ini, ada banyak ruang terbuka di Jakarta yang aman seperti Hutan Gelora Bung Karno dan Taman Kota Tebet.

Berbagai kuliner lokal dan mancanegara, tersedia di Jakarta yang bisa Anda kunjungi langsung atau pesan melalui platform daring. Berbagai macam penginapan juga tersedia yang bisa dikondisikan dengan kebutuhan. Agar bisa mempunyai pengalaman citycation yang tak terlupakan, jadikan hotel dengan berbagai fasilitas seperti arena santai atau bermain.

Cirebon

5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation


Bisa dibilang Cirebon menjadi kota yang agak jarang menjadi tempat pilihan untuk berlibur. Namun, Anda harus sekali-sekali mencoba menikmati hari santai di Cirebon yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta. Kota ini dikenal dengan wisata religi karena pernah menjadi pusat penyebaran agama Islam dan meninggalkan hal-hal bersejarah di sana.

Saat di Cirebon, Anda juga bisa mencoba berbagai macam kuliner yang ada seperti Empal Gentong, Ketan Ebi, dan Nasi Jamblang. Untuk penginapan, Anda tidak perlu khawatir karena bisa menemukan banyak penginapan terjangkau dengan kualitas yang baik.


Bandung

5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation


Kota terdekat dari Jakarta lainnya adalah Bandung. Kota ini sudah menjadi langganan untuk berlibur jika waktu liburan sangat terbatas. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini mempunyai banyak julukan seperti Kota Kembang, Paris Van Java, dan Bandung Lautan Api, yang semuanya mempunyai ceritanya tersendiri.

Misalnya sebutan Paris Van Java yang datang karena Bandung pada masanya mempunyai banyak toko pakaian di Jalan Braga, yang produknya diimpor dari Paris, dan menjadikan Bandung sebagai kota mode di Indonesia. Selain itu, Bandung juga dikenal dengan banyaknya jajanan yang murah, tetapi dapat memanjakan lidah, sebut saja Mie Kocok, Seblak, dan Batagor.

Surabaya

5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation


Kota selanjutnya adalah kota pahlawan dan kota terbesar kedua di Indonesia. Sejarah aksi heroik masyarakat Surabaya melawan Sekutu pada 10 November 1945 selalu menjadi kenangan tersendiri untuk kota ini. Surabaya sendiri termasuk kota yang sudah maju dengan berbagai fasilitas yang ada, sehingga citycation di kota ini akan terasa nyaman.

Surabaya memiliki banyak pusat perbelanjaan yang saat ini bisa Anda kunjungi dengan protokol kesehatan yang lengkap. Bahkan dua mall terbesar di Indonesia, Mal Pakuwon Surabaya dan Tunjungan Plaza Surabaya, berada di kota ini.


Medan

5 Kota Menarik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Citycation


Medan juga terkenal sebagai kota multi etnis karena populasinya yang beragam. Mulai dari Batak, Melayu, Jawa, Minang, Aceh, hingga India dan China. Banyak tempat bersejarah yang bisa Anda cari tahu untuk dikunjungi seperti Istana Maimoon, Museum Negeri Sumatera Utara, dan Kampung Keling.

Sama seperti kota lainnya, Medan juga menyimpan banyak makanan khas yang patut untuk dicicipi, misalnya Mie Gomak, Soto Medan, Bika Ambon, dan Laksa Medan. Sebagai kota yang sering dikunjungi masyarakat, mencari akomodasi di Medan bukanlah hal yang sulit.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)