Diabetes Tipe 2, Gejala Awal yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Senin, 13 September 2021 - 10:14 WIB
loading...
Diabetes Tipe 2, Gejala Awal yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat
Diabetes tipe 2 biasa memiliki gejala awal yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala Diabetes tipe 2 sebelum terlambat. Foto/Times Now News.
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 biasa memiliki gejala awal yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala Diabetes tipe 2 sebelum terlambat.

Pasalnya, diabetes tipe 2 bisa dialami siapa saja. Baik anak-anak dan remaja bisa mengidap penyakit ini karena obesitas pada masa kanak-kanak.

Parahnya, diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit seumur hidup atau permanen yang membuat tubuh seseorang tidak bisa menggunakan insulin sebagaimana mestinya. Orang yang mengidap diabetes tipe 2 dikatakan memiliki resistensi insulin.


Dilansir dari WebMd, Senin (13/9/2021), berikut gejala awal diabetes tipe 2.

1. Menjadi sangat haus

2. Sering buang air kecil

3. Penglihatan kabur

4. Menjadi rewel atau gelisah

5. Kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki

6. Kelelahan/merasa lelah

7. Luka yang tak kunjung sembuh

8. Infeksi yang terus datang dan kembali

9. Merasa lapar

10. Berat badan turun

11. Mendapatkan lebih banyak infeksi


Sementara itu, diabetes tipe 2 umumnya disebabkan oleh ketidakmampuan sel-sel tubuh untuk menggunakan insulin. Insulin ini membantu sel-sel tubuh seseorang mengubah glukosa, sejenis gula, dari makanan yang menjadi energi.

Penderita diabetes tipe 2 masih mampu membuat insulin, tetapi sel mereka tidak menggunakannya sebagaimana mestinya. Pada awalnya, pankreas membuat lebih banyak insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel tubuh. Namun hal tersebut gagal dilakukan dan membuat glukosa menumpuk di dalam darah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)