Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Patut Dicoba!

Rabu, 15 September 2021 - 03:15 WIB
loading...
Cara Menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat, Patut Dicoba!
Menurunkan asam lambung yang naik bisa dilakukan dengan cara tanpa obat. Umumnya, ketika asam lambung naik, antasida adalah obat yang sering dicari. Foto/ist.
A A A
JAKARTA - Menurunkan asam lambung yang naik bisa dilakukan dengan cara tanpa obat. Meski minum obat adalah perawatan asam lambung yang paling standar, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk menurunkan asam lambung.

Umumnya, ketika asam lambung naik, antasida adalah obat yang sering dicari. Antasida dinilai ampuh untuk meredakan asam lambung dengan cepat. Berikut cara menurunkan asam lambung tanpa obat dikutip dari Halodoc, Rabu (15/9/2021).

Hindari Makanan Pemicu Refluks
Hindari makanan tertentu yang memicu mulas. Seperti halnya kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint, dan makanan berlemak tinggi.

Makan Lebih Banyak Serat
Serat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.


Atur Porsi Makan
Hindari makan dalam porsi besar sekaligus. Cobalah makan lima atau enam porsi kecil sehari.

Jangan Makan Sebelum Tidur
Kebiasaan makan sebelum tidur sering menjadi penyebab naiknya asam lambung. Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkannya sebelum Anda berbaring.

Makan Perlahan
Jangan makan terburu-buru, makanlah dengan perlahan.

Tidak Merokok
Merokok dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi, berhenti merokok jika tidak mau asam lambung kambuh.


Gunakan Pakaian Longgar
Pakaian ketat memberi tekanan tambahan pada perut. Selain mencegah asam lambung naik, menggunakan pakaian longgar juga tentunya lebih nyaman.

Tinggikan Kepala
Tumpuk beberapa bantal di bawah tempat tidur agar kepala sekitar 6 inci lebih tinggi.

Ada tips lainnya yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur, yang merupakan penyangga asam.

Ditambah lagi, mengunyah permen karet membuat seseorang lebih sering menelan, sehingga dapat mendorong asam-asam jahat keluar dari kerongkongan. Meski begitu, hal ini masih diteliti lebih lanjut.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)