Suplemen Herbal Dapat Bantu Pelihara Daya Tahan Tubuh

Rabu, 15 September 2021 - 22:12 WIB
loading...
Suplemen Herbal Dapat Bantu Pelihara Daya Tahan Tubuh
Memelihara kesehatan juga bisa dilakukan dengan menerapkan gaya dan pola hidup sehat, serta mengonsumsi tambahan vitamin-mineral atau suplemen herbal. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Setiap individu memiliki peran penting dalam memerangi pandemi Covid-19 , salah satu caranya dengan memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi virus.

Memelihara kesehatan atau melindungi tubuh dari serangan Covid-19 bisa dilakukan mulai dari hal-hal kecil seperti sering mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak dengan individu lainnya.

Selain hal-hal itu, memelihara kesehatan juga bisa dilakukan dengan menerapkan gaya dan pola hidup sehat, serta mengonsumsi tambahan vitamin-mineral atau produk herbal . Suplemen vitamin-mineral atau produk herbal memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap daya tahan tubuh selama pandemi.

Baca juga: Bolehkah Suntik Vitamin setelah Divaksin Covid-19?

Ahli Herbal sekaligus Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia), Dokter Inggrid Tania mengatakan, Thyponisix merupakan produk kesehatan yang mengandung ekstrak herbal rimpang keladi tikus dan daun sirsak yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Ekstrak rimpang keladi tikus dan daun sirsak mampu menjaga daya tahan tubuh, memelihara kesehatan, dan juga membantu pemulihan tubuh," kata dr. Inggrid dalam keterangan persnya, Rabu (15/9/2021).

Di Indonesia, keladi tikus atau typhonium flagelliforme merupakan salah satu jenis tumbuhan yang kerap digunakan sebagai herbal tradisional. Daun sirsak saat ini juga cukup populer digunakan sebagai herbal di kalangan masyarakat, di samping buahnya yang memiliki banyak manfaat. Karena kandungannya, keladi tikus dan daun sirsak dipercaya dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit.

Baca juga: Fungsi Vitamin D, Benarkah Bisa Meningkatkan Imunitas?

"Ekstrak keladi tikus yang mengandung senyawa-senyawa alkaloid, triterpenoid, dan flavonoid; selain bersifat antioksidan, antimikroba, dan antikanker; juga bersifat sebagai imunomodulator yang dapat meregulasi imunitas tubuh dengan cara memodulasi respons sistem imun sebagaimana ditunjukkan oleh hasil penelitian praklinik," ucap dr. Inggrid.

Ekstrak keladi tikus, kata dia, juga dapat menghambat peradangan (antiinflamasi), maka tak heran jika sejak dahulu kala keladi tikus dipakai secara tradisional untuk membantu meredakan batuk, sakit kepala, dan nyeri perut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1952 seconds (11.97#12.26)