Penanganan Covid-19 di Indonesia Diapresiasi sebagai Salah Satu yang Terbaik

Kamis, 16 September 2021 - 05:59 WIB
loading...
Penanganan Covid-19 di Indonesia Diapresiasi sebagai Salah Satu yang Terbaik
Berkat kombinasi berbagai upaya penanganan, angka konfirmasi positif kasus harian, angka kematian, hingga BOR di RS akibat Covid-19 mengalami penurunan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia terus mengalami tren baik. Sebagai hasil dari penerapan aturan pengetatan pembatasan aktivitas masyarakat dengan PPKM berbagai level, tracing dan testing, dan juga vaksinasi yang semakin digenjot setiap harinya.

Tak sia-sia, berkat kombinasi berbagai upaya penanganan di atas, angka konfirmasi positif kasus harian, angka kematian, dan juga angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau BOR (bed occupany rate) akibat Covid-19 mengalami penurunan.

Kecermatan Indonesia dalam menangani situasi pandemi ini, menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi bahkan telah diakui dunia.

Baca juga: 4 Film Sineas Tanah Air yang Masuk Seleksi Busan International Film Festival 2021

"Mengutip data dari John Hopkins, update terakhir per tanggal 12 September, menyatakan bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia diapresiasi sebagai salah satu yang terbaik di dunia," ujar dr. Siti Nadia, dalam siaran pers Update PPKM, Rabu (15/9/2021) di akun chanel Youtube Sekretariat Presiden

Hal ini dikatakan dr. Siti Nadia, karena Indonesia mampu bergerak cepat hingga bisa menurunkan angka kasus positif sampai lebih dari 50 persen.

"Karena Indonesia mampu menurunkan angka kasus hingga minus 58 persen dalam kurun waktu 2 minggu," lanjutnya.

Sebagai informasi, per Senin, 13 September 2021, tercatat temuan angka kasus konfirmasi harian terendah sejak masa lonjakan kasus di Mei 2021 yakni 2557 orang.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Berjerawat

"Saat ini bisa dilihat angka konfirmasi kasus harian drastis dibanding periode kenaikan kasus sebelumnya. Meski angka kasus harian sudah jauh menurun, tapi kita semua tetap harus meningkatkan kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas yang tak perlu, menghindar kerumunan dan segera lakukan vaksinasi sesuai jadwalnya," tutup dr. Siti Nadia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)