Simak, Kemenkes Bagikan Tips Cegah DBD di Tengah Pandemi Covid-19

Kamis, 16 September 2021 - 09:45 WIB
loading...
Simak, Kemenkes Bagikan Tips Cegah DBD di Tengah Pandemi Covid-19
Simak, Kemenkes Bagikan Tips Cegah DBD di Tengah Pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi/dok SINDONews
A A A
JAKARTA - Memasuki musim penghujan, penyakit demam berdarah dengue (DBD) pun mulai mengintai masyarakat. Tanpa disadari penyakit ini tetap muncul di tengah pandemi Covid-19 yang sedang menjadi fokus masyarakat saat ini.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman berbagai penyakit terutama demam berdarah. Salah satu cara untuk mencegah DBD , yakni dengan menerapkan 3M plus.

Merangkum dari laman Instagram resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), @kemenkes_ri, Kamis (16/9/2021), berikut cara menerapkan 3M untuk mencegah DBD di lingkungan rumah.

1. Menguras tempat penampungan air. Jangan lupa bersihkan dinding penampungan air juga, sebab pada bagian itu juga telur nyamuk biasa menempel.



2. Menutup rapat tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Salah satunya adalah membalik pot-pot bunga agar tidak menimbulkan genangan air yang menjadi tempat bagi nyamuk untuk bertelur.

3. Memanfaat kembali atau daur ulang limbah barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

Upaya pencegahan tambahan lainnya adalah dengan:

1. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

2. Obat anti nyamuk.

3. Memberikan larvasida pada penampungan air.

4. Menanam tanaman pengusir nyamuk.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)