Obat Diare yang Dijual di Apotek Miliki Beragam Fungsi, Ini Rekomendasinya

Kamis, 16 September 2021 - 15:03 WIB
loading...
Obat Diare yang Dijual di Apotek Miliki Beragam Fungsi, Ini Rekomendasinya
Obat diare yang dijual di apotek tak hanya banyak merek, tetapi juga fungsi yang spesifik dalam menangani masalah diare. / Foto: ilustrasi/MPI/Hambali
A A A
JAKARTA - Obat diare yang dijual di apotek terdiri banyak merek. Tak hanya banyak merek, tetapi juga fungsi yang spesifik dalam menangani masalah diare yang cukup membuat seseorang tak nyaman.

Ya, diare yang terjadi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya akibat salah makan, maka obatnya pun ternyata tak sama seperti Anda diare akibat keracunan makanan.

Menurut laman My-Best, pada kondisi diare akibat salah makan misalnya, dianjurkan untuk memilih obat diare yang mengandung bakteri asam laktat seperti Bifidobacteria dan Lactomin.

Nah, untuk diare yang disebabkan keracunan, maka disarankan untuk pilih obat diare yang mengandung fungisida atau memiliki efek astringen. Bakterisida seperti acrinol efektif menekan pertumbuhan bakteri jahat di pencernaan.

"Sementara itu senyawa albumin tannate berfungsi sebagai astringen yang sekaligus berfungsi melindungi lapisan mukosa dan menekan pergerakan usus. Ada juga senyawa berberine yang mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit pada usus dan membuatnya steril," terang laporan tersebut.

Baca juga: Aksi Atalarik Syach Protes PPKM, Pangkas Rambut hingga Botak

Apabila Anda sudah tahu penyebab diare yang muncul, maka kini bisa menentukan obat apa yang cocok dan berikut ini beberapa rekomendasi obat diare yang bisa Anda beli di apotek terdekat:

1. Scantoma

Obat diare ini direkomendasikan jika Anda mengalami diare akibat keracunan makanan. Kandungan obat ini adalah bismuth subsalicylate sebagai bahan aktifnya.

Penggunaan obat ini pun diklaim dapat mengurangi rasa mual dan menenangkan usus yang terasa bergemuruh. Sangat disarankan banyak minum setelah konsumsi obat ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2325 seconds (11.97#12.26)