Seperti Dialami Tukul Arwana, Ini 6 Penyebab Pendarahan Otak

Kamis, 23 September 2021 - 10:09 WIB
loading...
Seperti Dialami Tukul Arwana, Ini 6 Penyebab Pendarahan Otak
Pendaharan otak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena hipertensi. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Tukul Arwana dilarikan ke rumah sakit tadi malam akibat mengalami pendarahan otak . Kabar tersebut dibenarkan oleh putra Tukul, Ega Prayudi Kamis (23/9/2021).

Pendarahan otak adalah merupakan pendarahan yang terjadi di dalam jaringan otak. Kondisi ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh arteri di otak hingga menyebabkan perdarahan lokal di jaringan sekitarnya dan matinya sel-sel otak.

Banyak orang yang mengalami perdarahan otak memiliki gejala mirip stroke, seperti mengalami kelemahan pada salah satu sisi tubuh, kesulitan berbicara, atau mati rasa. Perdarahan otak merupakan kondisi medis serius yang perlu mendapat pemeriksaan dan penanganan segera oleh dokter di rumah sakit.

Ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko terjadinya pendarahan di otak. Seperti dilansir Alodokter, berikut ini 6 penyebab pendarahan otak:

Baca Juga : Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit Karena Pendarahan Otak

1. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak dikelola dengan baik akan melemahkan dinding pembuluh darah, tak terkecuali pembuluh darah otak. Lama kelamaan penyakit ini berpotensi menimbulkan stroke perdarahan (stroke hemoragik).

2. Cedera kepala

Cedera di kepala bisa disebabkan oleh kecelakaan atau terjatuh. Kecelakaan lalu lintas, terjatuh dari ketinggian, dan cedera kepala akibat olahraga juga merupakan penyebab perdarahan otak yang sering terjadi.

3 Kelainan pembuluh darah

Kondisi yang bisa terjadi pada saat lahir ini dapat membuat dinding pembuluh darah di sekitar dan bagian dalam otak menjadi lemah. Kelainan ini disebut malformasi arteri vena. Penderita gangguan ini tidak selalu mengeluhkan adanya gejala, namun seketika pembuluh darah dapat pecah dan menimbulkan kondisi yang berbahaya.

4. Gangguan pembekuan darah
Menurunnya trombosit juga dapat menyebabkan perdarahan otak. Anemia sel sabit (kondisi di mana sel darah merah berbentuk abnormal), hemofilia (tubuh kekurangan protein untuk pembekuan darah), hingga mengonsumsi obat pengencer darah dapat berkontribusi dalam hal ini.

Baca Juga : Diabetes dan Hipertensi Tingkatkan Risiko Stroke Pasien Covid-19

5. Pembengkakan pembuluh darah (aneurisma)
Aneurisma menyebabkan melemahnya pembuluh darah, yang kemudian dapat pecah dan menimbulkan perdarahan di dalam otak. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)