Inilah Lagu Galau dari Musisi Indie Indonesia

Jum'at, 24 September 2021 - 02:20 WIB
loading...
Inilah Lagu Galau dari Musisi Indie Indonesia
Salah satu lagu sedih yang dihadirkan oleh Nadin Amizah berjudul Rumpang. Foto/IG @cakecaine
A A A
JAKARTA - Lagu sedih Indonesia dan band indie, dua unsur ini sering kali dianggap sebagai kombinasi yang pas untuk menghadirkan musik-musik sendu menyayat hati. Namun, indie sekali lagi bukan sebuah aliran atau genre musik.

Istilah indie diambil dari kata independent. Artinya sebuah band indie Indonesia itu merdeka, bebas, mandiri, dan tidak bergantung. Jadi, anggapan bahwa band Indonesia yang mengambil jalur indie merupakan aliran musik sama seperti pop, jazz, rock, metal, hip hop atau sebagainya adalah salah.



Band indie Indonesia dikatakan mandiri karena musisi-musisi atau band yang mengambil jalan ini tidak bergantung pada sebuah label rekaman besar. Tidak sedikit di antara band indie yang melahirkan lagu sedih.

Akan tetapi, bukan berarti kata 'identik' membuat band indie hanya merilis lagu sedih. Karya mereka pun tak terbatas hanya pada satu tema atau aliran musik sehingga melahirkan lagu-lagu yang beragam.

Di luar itu pada 2014, sekelompok ilmuwan melakukan survei online dan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Ternyata, mendengarkan musik galau di saat kita merasa sedih sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan emosional.

Studi baru lain yang dilakukan pada 2019 membuktikan bahwa orang yang depresi lebih suka musik sedih dibandingkan lagu-lagu bahagia, karena percaya bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dikutip dari laman Brightside, Kamis (23/9/2021), inilah lima alasan mengapa mendengarkan musik galau bisa bermanfaat untuk emosional dan membuat kita merasa lebih baik.

1. Menempatkan Diri pada Suasana Hati yang Melankolis

Penelitian menunjukan bahwa alih-alih membawa perasaan bahagia atau sedih, lagu-lagu galau malah membuat kita menjadi bernostalgia. Nostalgia adalah emosi pahit yang menginspirasi imajinasi dan memberi perasaan nyaman dengan membangkitkan kenangan hangat dari masa lalu.

2. Memberi Kesenangan

Ternyata kesedihan yang ditimbulkan oleh musik sebenarnya bisa menyenangkan. Dalam hal ini, menurut para ilmuwan, musik sedih harus memenuhi 3 kriteria. Itu harus dianggap sebagai tidak mengancam, menyenangkan secara estetika, dan mengingatkan Anda tentang peristiwa masa lalu.

3. Mencerminkan Perasaan Diri Sendiri

Poin lain dari psikologi sosial adalah, orang-orang suka mendengarkan musik yang mencerminkan nada situasi yang mereka hadapi. Dalam hal ini, lagu-lagu sedih cocok untuk suasana hati diri sendiri. Mereka beresonansi, membantu Anda merasakan bahwa Anda tidak sendiri ketika mengalami sakit dan duka di dunia ini.



4. Memicu Keseimbangan Hormon

Para ilmuwan percaya bahwa musik sedih dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon yang membantu melawan kesedihan. Ini terjadi karena ketika mendengarkan lagu-lagu tersebut, tubuh Anda mulai mempersiapkan diri untuk acara yang buruk, tetapi kemudian lagu berakhir dan sesuatu itu tidak terjadi. Setelah pengalaman ini, tubuh Anda dibiarkan dengan perasaan lega yang menyenangkan.

5. Membantu untuk Tenang

Menurut sebuah penelitian, orang yang depresi lebih suka lagu-lagu sedih karena mereka biasanya rendah dalam hal tingkat energi dan itulah sebabnya mereka menghasilkan efek relaksasi. Jadi, alih-alih meningkatkan atau mempertahankan perasaan sedih, jenis musik ini justru membantu Anda menarik napas dalam-dalam dan tenang.

Dilansir dari laman Supermusic, inilah rekomendasi lagu-lagu sedih Indonesia dari musisi atau band Indie.

1. Daramuda Project: Renjana

Proyek kolaborasi antara Danilla Riyadi, Sandrayati Fay, dan Rara Sekar ini mempunyai lirik yang lirih.

Daramuda Project menyuguhkan tema sarkas tentang kondisi kehidupan alam dan sosial pada setiap lirik lagu mereka. Lagu Renjana yang dinyanyikan oleh Danilla punya musik mendayu yang cocok buat menggalau.

2. Stand Here Alone: Hilang Harapan

Jika biasanya lagu sedih disajikan dengan musik bertempo lambat, hal itu berbeda dengan Stand Here Alone. Dengan nuansa pop punk, band asal Bandung ini merayakan kesedihan dengan cara berbeda.

Selain musik dengan tempo cepat, lagu sedih Indonesia ini memiliki lirik yang sangat bermakna dan dalam yang mudah dicerna oleh para pendengarnya. Lagu Hilang Harapan menceritakan tentang kesedihan seseorang yang dikhianati oleh pasangannya. Mereka yang telah berjanji akan selalu bersama lalu pasangan meninggalkannya demi orang lain.

3. Biru Baru: Sejenak

Bercerita tentang keluh-kesah hidup selama pandemi dengan lirik yang simpel dibalut dengan aransemen yang unik, Sejenak dengan cepat tersebar di kalangan penikmat musik lokal dan mendapatkan animo yang luar biasa. Dengan suara-suara yang fresh dan menggelitik telinga, Biru Baru menjadi salah satu nama yang kini diperhitungkan di industri musik Indonesia.

4. Dialog Senja: Lara

Dialog Senja baru saja merilis lagu yang lebih upbeat berjudul Laju. Namun, nama mereka besar berkat salah satu lagu sedih Indonesia berjudul Lara, yang dirilis pada 2018.

Lagu sedih yang dibawakan secara akustik dan diselipkan bait-bait pusisi semakin terasa nuansa sendunya. Di awal lagu kita disuguhi puisi yang seolah menjadi prolog bagi lagu secara keseluruhan.

5. For Revenge ft Stereowall: Jakarta Hari Ini

Dengan harmoni yang sama, For Revenge dan Stereowall, menghadirkan lagu sedih Indonesia dengan genre modern rock berjudul 'Jakarta Hari Ini' pada Februari 2021.

Boniex, vokalis For Revenge, memang dikenal memiliki karakteristik vokal high pitch. Karakteristik vokal tersebut dianggap cocok untuk dipadukan dengan kualitas vokal yang dimiliki oleh Tita yang ada di dalam tubuh Stereowall.

Baca Juga: Subscriber Alip Ba Ta Hampir 5 Juta, Seluruh Kontennya Penuh Pujian

6. Sunrise: Sad Song

Sunrise merilis Sad Song pada 2017. Lagu sedih ini jadi single kedua mereka setelah Break Break. Lagu tersebut bercerita tentang seorang pria yang belum bisa move on dari pasangannya.

Kondisi si pria masih terbayang–bayang dengan masa lalu bersama pasangannya, digambarkan dengan lirik mendalam dan emosional yang dipadukan scream khas 2000-an.

7. Nadin Amizah: Rumpang

Solois muda Indonesia yang sedang naik daun ini memang dikenal dengan karya-karyanya yang fresh. Salah satu lagu sedih yang dihadirkan oleh Nadin Amizah berjudul Rumpang. (mg05)
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2336 seconds (0.1#10.140)