Bantu Ibu Hamil dan Menyusui, Bidan Miliki Peran Penting di Tengah Pandemi

Jum'at, 24 September 2021 - 14:56 WIB
loading...
Bantu Ibu Hamil dan Menyusui, Bidan Miliki Peran Penting di Tengah Pandemi
Bertugas untuk memberdayakan perempuan sebelum dan sesudah melahirkan, peran bidan sangat penting di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya berdampak pada sosial dan ekonomi, namun juga pemenuhan kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan. Saat ini banyak wanita yang kesulitan dalam mengakses kontrasepsi , serta pelayanan ibu dan bayi baru lahir.

Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia, dr. Emi Nurjasmi, MPH, menjelaskan bahwa peran bidan sangat penting dalam mengatasi kondisi yang sulit tersebut. Sebab, bidan bertugas untuk memberdayakan perempuan sebelum dan sesudah melahirkan.

Bidan juga memberikan para ibu hamil masukan serta pilihan penting sebelum bayi lahir. Bahkan pasca melahirkan pun bidan memberikan layanan kontrasepsi penting setelah bayi lahir (kontrasepsi pasca melahirkan).

"Selama masa pandemi ini, para bidan bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Indonesia, kami juga mendukung akses perempuan terhadap kontrasepsi dengan membuka konsultasi daring, dan juga mendistribusikan alat kontrasepsi," ujar dr. Emi dalam Virtual Roundtable World Contraception Day 2021, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Beli Produk Bulu Mata, Anisa Bahar Merasa Kena Tipu Iklan di Media Sosial

Selain itu, bidan juga memanfaatkan platform daring yaitu platform Klik KB, sebagai media komunikasi antara ibu dan bidan.

Kolaborasi multistakeholder dan inovasi digital sangat penting dalam mendukung keluarga berencana dengan akses kontrasepsi yang tidak terhambat, serta meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan perempuan, keluarga berencana dan kontrasepsi.

Baca juga: Maria Vania Ungkap Tukul Arwana Sering Minta Obat Sakit Kepala Sejak Awal Bulan Lalu

"Menjaga kesehatan perempuan dan menjaga kemajuan yang dicapai dalam akses kontrasepsi tetap menjadi prioritas utama kami di tengah Covid-19," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)