5 Cara Hilangkan Komedo Hitam Membandel

Kamis, 30 September 2021 - 03:30 WIB
loading...
5 Cara Hilangkan Komedo Hitam Membandel
Menghilangkan komedo bisa dilakukan tanpa harus ke dokter. Foto Ilustrasi/Depositphotos
A A A
JAKARTA - Kemunculan komedo hitam di wajah kerap membuat kita tak nyaman dan mengganggu penampilan. Sudah berbagai cara dilakukan untuk menghilangkannya, namun komedo ini kerap muncul kembali di wajah yang membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Semua orang pasti pernah mengalami hal tersebut, terutama yang memiliki wajah berminyak. Maka, jangan coba-coba menghilangkan komedo secara sembarangan yang malah akan merusak wajah kita.



Meski demikian, menghilangkan komedo ternyata bisa dilakukan tanpa harus ke dokter. Dilansir dari Halodoc, Rabu (29/9/2021), berikut cara untuk menghilangkan komedo hitam membandel.

1. Bersihkan Wajah dengan Asam Sulisilat

Asam salisilat mampu mengatasi komedo hitam dengan cara memecah materi yang menyumbat pori-pori. Cobalah untuk mencuci muka menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat sekali sehari sebagai permulaan.

Berhubung Anda perlu mencuci muka dua kali sehari, Anda bisa menggunakan pembersih wajah dengan asam salisilat di malam hari, dan pembersih wajah biasa di pagi hari. Ketika kulit sudah terbiasa dengan produk asam salisilat, Anda bisa menggunakannya pagi dan malam.

2. Eksfoliasi Kulit dengan AHA dan BHA

Pengelupasan kulit secara teratur bisa membantu menghilangkan sel kulit mati yang berlebihan yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Dengan begitu, komedo hitam pun dapat hilang secara permanen.

Alih-alih memilih scrub yang keras, pilihlah produk yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA) untuk eksfoliasi kulit wajah. Asam glikolat adalah jenis AHA yang paling umum, dan asam salisilat BHA yang paling baik. Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit, sehingga kulit wajah menjadi lebih lembut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3002 seconds (0.1#10.140)