Manfaat Krim Pagi dan Malam untuk Kulit, Lindungi dari Polusi

Rabu, 29 September 2021 - 16:12 WIB
loading...
Manfaat Krim Pagi dan Malam untuk Kulit, Lindungi dari Polusi
Manfaat krim pagi dan krim malam untuk kulit bisa membantu melindungi dari polusi. Skin expert Nadine Pernodet, krim pagi dan krim malam produk yang berbeda. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Manfaat krim pagi dan krim malam untuk kulit bisa membantu melindungi dari polusi . Menurut skin expert Nadine Pernodet, krim pagi dan krim malam merupakan jenis produk yang berbeda.

"Krim pagi umumnya mengandung SPF, sementara krim malam mengandung lebih banyak pelembap dengan tekstur yang lebih berat," jelas Pernodet dilansir dari Harpers Bazaar, Rabu (29/9/2021).

Pernodet menambahkan, krim pagi memiliki kandungan yang bisa melindungi kulit dari polusi, serta menangkal paparan sinar matahari. Krim pagi juga memiliki kandungan anti-oksidan untuk melawan efek buruk polusi.

Beberapa krim pagi biasanya dilengkapi dengan kandungan tambahan, seperti vitamin C atau ascorbic acid, vitamin E atau alpha tocopherol dan ekstrak green tea. Beberapa bahan ini juga termasuk pelembap yang ideal untuk melindungi kulit dari efek buruk lingkungan.

"Krim pagi biasanya digunakan sebelum memakai make up sehingga memiliki tekstur yang lebih ringan, tidak meninggalkan rasa lengket, dan cepat menyerap di kulit hanya dalam waktu hitungan menit, " jelas Pernodet.


Berbeda dengan krim pagi, menurut Pernodet krim malan memiliki tekstur yang lebih berat. Hal ini karena kulit cenderung bekerja lebih lambat dalam proses melembapkan di malam hari sehingga kulit biasanya memasuki kondisi dehidrasi saat bangun di pagi hari.

Krim malam biasanya dilengkapi dengan kandungan aktif yang berfungsi mencegah penuaan dini serta mengoptimalkan proses regenerasi kulit seperti retinol, ceramide, atau hyaluronic acid.

Kandungan-kandungan tersebut sebaiknya tidak digunakan sebagai krim pagi. "Kandungan-kandungan tersebut termasuk photosensitive yang menimbulkan reaksi terhadap paparan sinar matahari dan berisiko menyebabkan iritasi," kata Pernodet.

Pernodet menambahkan, sejumlah studi dan hasil penelitian menyebutkan bahwa krim malam mengandung antioksidan dan asam amino dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit pada tubuh. Krim malam mengandung kolagen yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit.

"Krim malam biasanya dipakai setelah membersihkan wajah dari make up yang telah dipakai sepanjang hari," tutup Pernodet.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2534 seconds (0.1#10.140)