Mengejutkan, Ternyata Kunyit Miliki 5 Khasiat Tak Terduga

Kamis, 30 September 2021 - 17:05 WIB
loading...
Mengejutkan, Ternyata Kunyit Miliki 5 Khasiat Tak Terduga
Kunyit dikenal karena manfaat kesehatan dan khasiat obatnya yang tak terhitung jumlahnya. / Foto: ilustrasi/liebherr
A A A
JAKARTA - Kunyit adalah bagian tak tergantikan yang dijadikan banyak orang untuk memasak. Ini memberi hidangan warna cerah yang membuatnya menarik secara visual.

Kunyit dikenal karena manfaat kesehatan dan khasiat obatnya yang tak terhitung jumlahnya. Bahan dapur ini mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang tidak hanya bertanggung jawab atas warna kuning cerah kunyit tetapi juga sifat antioksidannya.

Manfaat kunyit tidak hanya terbatas pada dapur. Seperti menukil Times of India, berikut adalah beberapa kegunaan unik kunyit yang akan mengejutkan Anda.

Baca juga: Merek Sandal Jepit Terpopuler di Indonesia, OOTD Auto Hits!

1. Mengobati Flu

Dengan sifat antiinflamasi, antimikroba dan antivirus, kunyit adalah bahan kuat yang membantu dalam pengobatan flu. Campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 cangkir susu panas, tambahkan dua sejumput lada hitam dan minum sebelum tidur di malam hari. Dalam dua hari, Anda akan melihat flu Anda membaik. Ramuan ini juga mengobati batuk, pilek dan tenggorokan gatal.

2. Mengobati Luka

Kunyit dikenal karena khasiat penyembuhannya dan merupakan obat untuk mendisinfeksi dan mengobati luka. Pertama, bersihkan luka dengan lembut dengan sabun dan air. Sekarang keringkan area tersebut dan taburkan sedikit kunyit di atasnya. Tutupi luka dengan plester atau perban. Menggunakan kunyit tidak hanya akan mencegah infeksi tetapi juga akan mengobati luka.

3. Menangkal Hama

Jika Anda sering menjumpai hama di sekitar tanaman, maka yang Anda butuhkan hanyalah kunyit dan air. Ambil botol semprot kecil dan isi dengan air, tambahkan 1 sendok makan kunyit dan kocok hingga tercampur rata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)