Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 18:09 WIB
loading...
Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia
Mengenal Kopi Gayo, Kopi Arabika asal Aceh yang Mendunia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Aneka ragam kopi Indonesia telah dinikmati pecinta kopi di seluruh dunia.

Salah satu kopi terbaik tanah air yang banyak dikenal dunia adalah kopi Gayo. Kopi ini merupakan varietas kopi Arabika, salah satu komoditi unggulan yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh .

Berikut ulasan kopi Gayo asal Aceh yang mendunia, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/10/2021).

1. Sejarah Kopi Gayo

Pada masa pendudukan, Belanda membuka puluhan hektar lahan kopi dan dikelola oleh penduduk di dataran tinggi Aceh. Kopi Gayo sendiri banyak ditanam di daerah Bener Meriah, Takengon, Gayo Lues, dan sekitarnya.



Pemerintah Belanda saat itu menerapkan peraturan bahwa penduduk lokal hanya diperbolehkan mengonsumsi kopi Robusta. Sementara itu, varian kopi Arabika Gayo diekspor ke luar negeri. Faktor inilah yang menjadi awal mula kenikmatan kopi Gayo terkenal hingga ke seluruh dunia.

2. Perkebunan Kopi Gayo

Ada dua tempat tumbuhnya tanaman kopi Gayo, yaitu Takengon, Aceh Tengah dan Bener Meriah. Hamparan luas perkebunan kopi tumbuh di dataran seluas 95.000 Ha dengan ketinggian kurang lebih 1200 meter. Dengan suhu udara yang rendah, sekitar 20 derajat celcius, di daratan tinggi ini cocok sekali untuk menumbuhkan beraneka varietas tananam kopi.

3. Cita Rasa

Kopi arabika dari dataran Tinggi Gayo, telah dikenal dunia karena memiliki cita rasa khas dengan ciri utama antara lain aroma dan perisa yang kompleks dan kekentalan yang kuat.

International Conference on Coffee Science, Bali, Oktober 2010 menominasikan kopi Dataran Tinggi Gayo ini sebagai the Best No 1, dibanding kopi arabika dari tempat lain.



Kopi Gayo Aceh terasa lebih fruity dan tidak pahit, tetapi sebenarnya setiap biji kopi memiliki rasa yang berbeda. Rasa yang tidak konsisten ini justru menjadi daya tarik tersendiri dari kopi Gayo.

4. Keunggulan

Keunggulan dari kopi Gayo adalah karena merupakan kopi organik yang memiliki rasa khas yang sedap. Seperti diketahui bahwa kopi organik hanya bisa diproduksi di lahan yang memiliki tingkat kesuburan yang tinggi serta memiliki curah hujan cukup dan lingkungan yang mendukung.

5. Harga

Harga kopi Gayo bervariasi tergantung jenisnya dan dapat ditemukan dimana saja. Harga kopi Arabika Gayo bubuk 1 kg sekitar Rp140.000 sampai Rp300.000.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)