Cara Menyembuhkan Luka Operasi Caesar yang Berlubang atau Infeksi

Selasa, 05 Oktober 2021 - 20:47 WIB
loading...
Cara Menyembuhkan Luka Operasi Caesar yang Berlubang atau Infeksi
Dengan obat serta perawatan yang tepat, luka akibat infeksi paska-operasi caesar dapat disembuhkan. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara menyembuhkan luka operasi caesar yang berlubang sama seperti prosedur penyembuhan luka infeksi pada umumnya. Dengan obat serta perawatan yang tepat, luka akibat infeksi dapat disembuhkan.

Luka paska-operasi caesar yang menyebabkan infeksi atau berlubang memang banyak terjadi. Kondisi ini disebabkan karena adanya bakteri yang masuk ke dalam luka sayatan. Meski demikian, seseorang tidak perlu khawatir secara berlebihan, sebab dengan obat-obatan dan perawatan yang tepat, luka akibat infeksi bisa disembuhkan.



Merangkum dari laman Medical News Today, Selasa (5/10/2021), diperkirakan 3%-15% wanita mengalami infeksi pada luka paska-operasi caesar. Terlebih operasi caesar banyak dilakukan selama masa persalinan yang merupakan operasi besar. Tindakan ini memiliki risiko seperti infeksi luka dan lain-lain.

Infeksi dapat terjadi ketika bakteri masuk ke dalam luka. Staphylococcus aureus atau dikenal dengan bakteri staph adalah biang kerok penyebab infeksi paska-operasi caesar yang menyebabkan sekira 15%-20% kasus.

Bakteri staph secara alami hidup di rambut dan kulit manusia. Ketika bakteri ini berkembang biak dan memasuki luka, mereka dapat menyebabkan beberapa jenis infeksi, seperti:

1.Impetigo

Infeksi yang menyebabkan lepuh dangkal berisi cairan yang pecah dan meninggalkan kerak berwarna seperti madu. Luka seperti ini sangat menyakitkan dan terasa gatal.

2.Abses

Luka yang berisi kulit mati dan nanah yang berkembang di bawah kulit. Infeksi ini menimbulkan sensasi panas dan menyakitkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)