5 Cara Lakukan Sit-up yang Benar agar Tak Cedera

Rabu, 06 Oktober 2021 - 06:46 WIB
loading...
5 Cara Lakukan Sit-up yang Benar agar Tak Cedera
Risiko yang akan ditimbulkan dari sit-up adalah cedera pada leher. Foto Ilustrasi/Getty Images/Mathew Leete
A A A
JAKARTA - Melakukan aktivitas olahraga secara rutin akan memberi manfaat yang besar untuk kesehatan. Di sisi lain, olahraga juga dapat menimbulkan risiko cedera apabila dilakukan dengan teknik yang salah.

Seperti olahraga sit-up , risiko yang akan ditimbulkan dari olahraga ini adalah cedera pada leher.



Sit-up merupakan jenis olahraga yang memiliki manfaat besar untuk menjaga keseimbangan tubuh, meningkatkan massa otot, hingga memperbaiki postur tubuh. Untuk yang biasa melakukannya, sit-up merupakan olahraga yang bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Namun, bagi pemula, jenis olahraga ini terbilang sulit.

Oleh karena itu, untuk menghindari risiko cedera dan mendapatkan manfaat yang besar, Anda perlu mengetahui teknik-teknik dalam melakukan sit-up. Berikut lima cara yang benar dalam melakukan sit-up, dikutip dari Halodoc, Rabu (6/10/2021).

1. Perhatikan Posisi Tubuh

Sebelum melakukan sit-up Anda perlu mengetahui bagaimana posisi tubuh yang benar. Untuk olahraga ini, posisi tubuh yang benar adalah berbaring telentang, lalu tekuk lutut dan kaki harus menempel ke lantai.

Manfaat menerapkan cara ini dengan benar adalah posisi tubuh akan selalu stabil ketika gerakan sit-up dilakukan.

2. Perhatikan Posisi Tangan

Posisi selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tangan. Untuk posisi ini, Anda hanya perlu memperhatikan bahwa letak tangan berada di atas dada atau di dekat telinga dengan posisi menyilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2710 seconds (0.1#10.140)