Kadar Kolesterol Normal Sesuai Usia, Ini Kisaran Angkanya

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 06:47 WIB
loading...
Kadar Kolesterol Normal Sesuai Usia, Ini Kisaran Angkanya
Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Dokter menyarankan untuk mencegah kolesterol tinggi yang berbahaya berkembang seiring usia. Foto/HCA Healthcare Today.
A A A
JAKARTA - Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Dokter menyarankan untuk mencegah kolesterol tinggi yang berbahaya berkembang seiring bertambahnya usia. Kolesterol yang tidak terkelola selama bertahun-tahun bisa jauh lebih sulit untuk diobati.

Artinya semua orang dewasa harus memeriksakan kadar kolesterolnya secara teratur, idealnya setiap 4 hingga 6 tahun sekali. Biasanya kolesterol diukur dalam tiga kategori yakni kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik.

Anak-anak paling kecil kemungkinannya memiliki kadar kolesterol tinggi dan hanya perlu diperiksa sekali atau dua kali sebelum mereka berusia 18 tahun. Namun, jika anak memiliki faktor risiko kadar kolesterol yang lebih tinggi, mereka harus lebih sering dipantau.

Biasanya, pria cenderung memiliki kolesterol yang lebih tinggi sepanjang hidup daripada wanita. Kadar kolesterol pria umumnya meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, wanita tidak kebal terhadap kolesterol tinggi. Kolesterol seorang wanita sering meningkat ketika mengalami menopause .

Kadar kolesterol yang sehat tidak terlalu bervariasi untuk orang dewasa biasa. Variasi dari tingkat yang direkomendasikan cenderung berubah karena kondisi dan pertimbangan kesehatan lainnya. Berikut kadar kolesterol normal sesuai usia dilansir dari Medical News Today, Jumat (8/10/2021).


Kadar Kolesterol untuk Orang Dewasa

1. Kadar kolesterol total kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL) dianggap normal untuk orang dewasa. Angka antara 200 dan 239 mg/dL dianggap batas tinggi dan angka 240 mg/dL ke atas dianggap tinggi.

2. Kadar kolesterol LDL harus kurang dari 100 mg/dL. Tingkat 100 hingga 129 mg/dL dapat diterima untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan tetapi mungkin lebih mengkhawatirkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung. Pembacaan 130 hingga 159 mg/dL adalah batas tinggi dan 160 hingga 189 mg/dL adalah tinggi. Pembacaan 190 mg/dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi.

3. Tingkat HDL harus dijaga lebih tinggi. Angka kurang dari 40 mg/dL dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit jantung. Pembacaan dari 41 mg/dL hingga 59 mg/dL dianggap batas rendah. Pembacaan optimal untuk kadar HDL adalah 60 mg/dL atau lebih tinggi.


Kadar Kolesterol untuk Anak-anak

1. Kisaran kolesterol total yang dapat diterima untuk anak adalah kurang dari 170 mg/dL. Batas kolesterol total tinggi untuk anak berkisar antara 170 hingga 199 mg/dL. Setiap kolesterol total lebih dari 200 pada anak terlalu tinggi.

2. Kadar kolesterol LDL anak juga harus lebih rendah daripada orang dewasa. Kisaran optimal kolesterol LDL untuk anak adalah kurang dari 110 mg/dL. Batas tinggi adalah dari 110 hingga 129 mg/dL sementara tinggi di atas 130 mg/dL.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2456 seconds (0.1#10.140)