alexametrics

12 Langkah Masak Ayam Panggang Nikmat ala Restoran

loading...
12 Langkah Masak Ayam Panggang Nikmat ala Restoran
Bumbu serta saus panggang banyak yang memiliki kadar gula tinggi dan akan mudah terbakar jika suhu panggangan terlalu panas atau jika terkena panas terlalu lama. Foto Ilustrasi/NDTV Food
A+ A-
JAKARTA - Ayam merupakan bahan makanan yang paling praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Ayam juga selalu bisa menggoyang lidah.

Selain digoreng atau bakar, ayam tidak kalah nikmat diolah menjadi berbagai sajian lain. Ayam panggang misalnya. Tidak perlu membeli, ayam panggang juga bisa dibuat sendiri di rumah. (Baca Juga: 5 Langkah Potong Bawang Sempurna Tanpa Air Mata)

Ada 12 langkah untuk membuat ayam panggang yang nikmat seperti di restoran. Tertarik mencobanya?



Berikut tips membuat ayam panggang nikmat ala restoran, sebagaimana dikutip dari laman Good Housekeeping.

1. Simpan Ayam dengan Benar
Tempatkan daging ayam mentah dalam kantong plastik untuk memisahkannya dari bahan makanan lain. Bawa langsung ke rumah dari toko dan segera simpan di lemari es dengan suhu 35 hingga 40 derajat fahrenheit.

Letakkan ayam mentah yang dibungkus di piring, di rak paling bawah kulkas agar tidak menetes ke makanan lain. Selalu cuci talenan, pisau, peralatan, dan meja dapur secara menyeluruh setelah melakukan kontak dengan ayam dan jangan pernah meletakkan makanan yang dimasak di atas piring yang sebelumnya berisi ayam mentah.

2. Jangan Cairkan Ayam di Suhu Kamar
Pastikan selalu mencairkan ayam di lemari es atau microwave dibandingkan membiarkannya keluar pada suhu kamar. Saat mencairkan ayam dalam microwave, Anda harus segera memasak dagingnya. Jangan pernah memanggang sebagian ayam dan selesai memasak nanti. Melakukannya sekaligus akan menghancurkan bakteri berbahaya.

3. Jaga Kebersihan dengan Baik
Mencuci tangan dengan benar, yakni 20 detik menggunakan air serta sabun, sangat penting sebelum dan sesudah mengolah ayam mentah.

4. Rendam dengan Benar
Selalu rendam ayam di lemari es. Jika menggunakan bumbu perendam sebagai saus oles atau celup, sisihkan sebagian untuk nanti sebelum ditambahkan ke makanan mentah. Cuci sikat pengoles dengan air sabun yang panas setelah menggunakannya dan buang sisa bumbu yang bersentuhan dengan ayam mentah.

5. Olesi Panggangan
Sebelum Anda menyalakan panggangan, semprot rak dengan semprotan antilengket atau sikat dengan minyak. Cara ini bertujuan agar daging atau kulit ayam tidak menempel pada panggangan.

6. Panggangan Panas
Bakar ayam di atas panggangan panas. Ini membantu menyegel cairan pada ayam dan membuatnya lebih mudah dibalikkan.

7. Perhatikan Bumbu
Bumbu serta saus panggang banyak yang memiliki kadar gula tinggi dan akan mudah terbakar jika suhu panggangan terlalu panas atau jika terkena panas terlalu lama. Panggangan panas biasanya tidak masalah dengan potongan yang cepat dimasak seperti dada tanpa kulit dan tanpa tulang. Potongan yang lebih lama dimasak seperti bagian tulang ayam, harus dimasak dengan api kecil.

8. Tutup Bagian Atas
Jika panggangan Anda memiliki penutup, selalu masak ayam dengan penutup bawah. Ini akan membuat panggangan jadi seperti oven, dan makanan akan matang lebih merata. Selain itu, karena penutup memotong sebagian oksigen, Anda akan memiliki lebih sedikit flare-up.

9. Gunakan Alat yang Tepat
Gunakan penjepit bergagang panjang atau spatula logam lebar untuk memindahkan ayam. Menyodok ayam dengan garpu akan menyebabkan jusnya keluar. (Baca Juga: Begini Cara Membuat Ayam Panggang Madu yang Sedap)

10. Bersabar
Tahan keinginan untuk terus menggerakkan ayam saat memasak. Ayam akan masak lebih merata (dan lebih cepat) Jika Anda mengikuti instruksi memasak resep atau balikkan hanya sekali di tengah-tengah pemanggangan.

11. Uji Kematangan
Jangan ambil risiko menyajikan ayam yang belum dimasak. Bila ragu, buat sayatan kecil ke bagian paling tebal sehingga Anda bisa yakin bahwa bagian dalam ayam tidak lagi berwarna merah muda. Anda juga dapat menggunakan termometer daging untuk memeriksa apakah daging telah mencapai suhu internal yang aman, yakni 180 derajat fahrenheit untuk ayam utuh dan 170 derajat fahrenheit untuk dada.

12. Bersihkan
Kikis rak panggangan Anda tiap kali habis digunakan. Jika tidak, ayam akan mengambil potongan hangus dari barbekyu terakhir Anda. Ayam memiliki kecenderungan untuk menempel pada panggangan yang kotor.
(tsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak