12 Langkah Masak Ayam Panggang Nikmat ala Restoran

Rabu, 03 Juni 2020 - 06:28 WIB
loading...
12 Langkah Masak Ayam Panggang Nikmat ala Restoran
Bumbu serta saus panggang banyak yang memiliki kadar gula tinggi dan akan mudah terbakar jika suhu panggangan terlalu panas atau jika terkena panas terlalu lama. Foto Ilustrasi/NDTV Food
A A A
JAKARTA - Ayam merupakan bahan makanan yang paling praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Ayam juga selalu bisa menggoyang lidah.

Selain digoreng atau bakar, ayam tidak kalah nikmat diolah menjadi berbagai sajian lain. Ayam panggang misalnya. Tidak perlu membeli, ayam panggang juga bisa dibuat sendiri di rumah. ( )

Ada 12 langkah untuk membuat ayam panggang yang nikmat seperti di restoran. Tertarik mencobanya?

Berikut tips membuat ayam panggang nikmat ala restoran, sebagaimana dikutip dari laman Good Housekeeping.

1. Simpan Ayam dengan Benar
Tempatkan daging ayam mentah dalam kantong plastik untuk memisahkannya dari bahan makanan lain. Bawa langsung ke rumah dari toko dan segera simpan di lemari es dengan suhu 35 hingga 40 derajat fahrenheit.

Letakkan ayam mentah yang dibungkus di piring, di rak paling bawah kulkas agar tidak menetes ke makanan lain. Selalu cuci talenan, pisau, peralatan, dan meja dapur secara menyeluruh setelah melakukan kontak dengan ayam dan jangan pernah meletakkan makanan yang dimasak di atas piring yang sebelumnya berisi ayam mentah.

2. Jangan Cairkan Ayam di Suhu Kamar
Pastikan selalu mencairkan ayam di lemari es atau microwave dibandingkan membiarkannya keluar pada suhu kamar. Saat mencairkan ayam dalam microwave, Anda harus segera memasak dagingnya. Jangan pernah memanggang sebagian ayam dan selesai memasak nanti. Melakukannya sekaligus akan menghancurkan bakteri berbahaya.

3. Jaga Kebersihan dengan Baik
Mencuci tangan dengan benar, yakni 20 detik menggunakan air serta sabun, sangat penting sebelum dan sesudah mengolah ayam mentah.

4. Rendam dengan Benar
Selalu rendam ayam di lemari es. Jika menggunakan bumbu perendam sebagai saus oles atau celup, sisihkan sebagian untuk nanti sebelum ditambahkan ke makanan mentah. Cuci sikat pengoles dengan air sabun yang panas setelah menggunakannya dan buang sisa bumbu yang bersentuhan dengan ayam mentah.

5. Olesi Panggangan
Sebelum Anda menyalakan panggangan, semprot rak dengan semprotan antilengket atau sikat dengan minyak. Cara ini bertujuan agar daging atau kulit ayam tidak menempel pada panggangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4420 seconds (0.1#10.140)