Kemasan Disinfektan Berbahan Baku Organik Dinilai Lebih Aman bagi Kesehatan

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 15:32 WIB
loading...
Kemasan Disinfektan Berbahan Baku Organik Dinilai Lebih Aman bagi Kesehatan
Ketika awal-awal Covid-19 menyerang Indonesia, masker hingga disinfektan ludes diburu masyarakat. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Ketika awal-awal Covid-19 menyerang Indonesia, masker hingga disinfektan ludes diburu masyarakat. Pada masa sekarang ini disinfektan spray pun seperti jadi perlengkapan wajib.

Penggunaan disinfektan spray dilakukan untuk membunuh kuman , jamur hingga virus di dalam ruangan. Tak hanya rumah saja, perkantoran hingga tempat-tempat umum disemprot menggunakan disinfektan.

Pemakaian disinfektan sendiri harus disesuaikan dengan jenisnya. Pertama, jenis Disinfektan Hard Surface yang biasa digunakan untuk permukaan keras seperti kayu, kaca, tembok, keramik, logam dan lainnya. Kedua, Disinfektan Multi Purpose yakni jenis yang bisa dipakai untuk permukaan keras dan permukaan lembut.

Baca juga: Beda Jurusan Bikin Musuhan? Ikuti Serunya Sinetron Remaja IPA & IPS GTV di Vision+

Ketiga, Disinfektan Soft Surface untuk permukaan lunak seperti jok mobil, sofa, kasur, karpet dan lainnya. Dalam memilih disinfektan ini tak cukup mengetahui jenisnya saja, namun juga kualitasnya.

Mengingat kebutuhan akan disinfektan spray sangat tinggi, bukan hal yang baru jika banyak beredar pula produk disinfektan palsu dan berbahaya. Maka, masyarakat perlu berhati-hati dan mencari tahu seperti apa disinfektan spray yang paling aman.

"Penggunaan disinfektan dengan kemasan dari bahan besi atau kaleng sebaiknya dihindari. Lebih baik gunakan disinfektan yang berbahan baku organik dan kemasan dari alumunium," ujar dr.Donny Fernando Kamu dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Selain itu, disinfektan spray yang aman harus mudah menguap tanpa meninggalkan bekas, akan lebih baik jika menggunakan bahan-bahan organik bukan dari kimia. Disinfektan yang berbahaya biasanya akan membekas terlalu lama pada benda dan dapat menyebabkan korosi pada perabotan.

Disinfectan spray yang baik dan berkualitas harus berbahan dasar alkohol 70% ditambah dengan kandungan aktif Chlorexidinedigluconate yang menjadi standar rumah sakit sehingga lebih ampuh untuk membunuh patogen dan mikroorganisme berbahaya. Dan yang tak kalah penting, disinfektan yang aman adalah kemasan dari bahan aluminium.

Kemasan disinfektan dari besi tidak baik karena mudah sekali berkarat dan memengaruhi kesehatan tubuh. Kemasan besi biasanya ditandai dengan adanya sambungan melingkar dan membentuk garis lurus, sementara aluminium tidak ada.

"Menurut saya masyarakat perlu diedukasi karena saat ini banyak sekali produk yang menggunakan kemasan dari kaleng atau besi. Padahal itu sangat berbahaya karena dapat berkarat dan zat karsinogen yang dapat memicu kanker. Niat hati mau terhindar dari virus malah dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya," jelas dr Donny.

Baca juga: Studi Terbaru: Tabir Surya Bisa Beracun, Setelah 2 Jam Terpapar Sinar Matahari

Menemukan disinfektan spray yang aman dengan kemasan alumunium sebenarnya tidaklah sulit, salah satu contohnya adalah Goku Disinfectant Spray.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)