Kebaikan dalam Segelas Susu

Rabu, 03 Juni 2020 - 23:05 WIB
loading...
Kebaikan dalam Segelas Susu
Susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang mengonsumsinya. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Susu memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Karena itulah, penting bagi keluarga Indonesia membangun kebiasaan baik minum susu setiap hari, terlebih di momen Perayaan Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Hardinsyah menerangkan kebaikan-kebaikan yang terkandung dalam segelas susu. Menurutnya, susu adalah salah satu sumber protein hewani yang juga mengandung berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro seperti vitamin serta mineral untuk membantu tubuh tumbuh sehat dan kuat.

Lebih lanjut Prof. Hardinsyah menerangkan, sejarah gizi menunjukkan bahwa susu berperan baik dalam diet manusia sehari-hari. Bagi seorang remaja atau dewasa, dalam segelas susu terkandung separuh kebutuhan kalsium dan vitamin D. Susu juga memenuhi seperlima sampai sepertiga (20%-30%) kebutuhan protein, vitamin B6, B9, B12, E dan fosfor, serta sepersepuluh sampai seperenam (10%-15%) kebutuhan energi, lemak yang unik, vitamin B5, zink, selenium, dan magnesium.

“Semua zat gizi ini turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gizi, serta kekuatan otot dan kemampuan berpikir,” kata Prof. Hardinsyah dalam diskusi online bertajuk "Kebaikan Susu sebagai Bagian Gizi Seimbang, dari Peternak Sapi Perah untuk Keluarga Indonesia Sehat Berprestasi" pada Selasa (2/6). ( )

Prof. Hardinsyah menekankan bahwa susu merupakan pelengkap pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang yang mengonsumsinya. Tidak hanya baik buat anak, susu juga bagus dikonsumsi setiap hari oleh remaja atau orang dewasa demi melengkapi pemenuhan gizi seimbang yang merupakan investasi untuk hidup sehat, cerdas, dan kuat di masa sekarang maupun masa datang.

Sayang, belum banyak masyarakat memahami hal tersebut diukur dari rendahnya konsumsi susu penduduk Indonesia yang rata-rata adalah 17 kg per kapita per tahun.

“Maka dari itu, penting untuk kita semua mengingatkan keluarga Indonesia membangun kebiasaan baik minum susu setiap hari,” tandas Prof. Hardinsyah.

Kebiasaan baik minum susu terus digaungkan oleh pasangan legenda bulutangkis dunia, Susy Susanti dan Alan Budikusuma.

Susy menarangkan, sejak kecil, susu dan telur adalah minuman serta makanan yang selalu tersedia di meja makan rumahnya.

“Orangtua saya memastikan kami mendapat asupan protein yang cukup, karena sebagai atlet bulutangkis makan dan minum dengan gizi seimbang akan sangat mendukung performa kami di lapangan. Ternyata hal yang sama juga dilakukan oleh keluarga Alan sejak dia kecil,” beber Susy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)