Chef Selebriti Berikan Tips Padukan Pasta Italia dengan Masakan Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 - 04:42 WIB
Chef Selebriti Berikan Tips Padukan Pasta Italia dengan Masakan Indonesia
Pasta identik dengan Eropa. Sebagai masakan khas Italia, pasta biasanya disajikan dengan saus yang khas. Foto/MPI/Siska Permata Sari
A A A
JAKARTA - Pasta identik dengan Eropa. Sebagai masakan khas Italia, pasta biasanya disajikan dengan saus yang khas. Beberapa saus pasta yang terkenal yakni bolognese, carbonara, dan marinara.

Namun, pasta tidak harus selalu disajikan dengan "cara Eropa". Sebab, Anda juga bisa memadukan hidangan pasta ini dengan bumbu masakan Indonesia. Mulai rendang, bumbu pecel lele, hingga soto.

Baca Juga: Camilan yang Lagi Hits, Festival Croffle Hadir di Jakarta

Chef Martin Natadipraja mengatakan, beberapa jenis pasta mempuyai kemiripan dengan mi, yang menjadi hidangan khas Tiongkok. Begitu pula dengan Indonesia yang mempunyai makanan khas yang menggunakan bahan dasar mi.

“Masakan pasta sendiri dahulu kalanya mungkin kan terinspirasi juga dari masakan tiongkok, dari mi, kiblatnya. Tiongkok mirip juga dengan negara Indonesia yang banyak hidangan dari mi. Nah, makanan mi itu bisa digantikan dengan pasta,” kata Chef Martin dalam acara World Pasta Day oleh San Remo Indonesia di kawasan Palmerah, Jakarta, Minggu (24/10/2021).

Dia menjelaskan, beberapa jenis pasta yang menyerupai mi yakni spaghetti dan fettucini.



“Pasta sendiri ada yang seperti mi, ada spaghetti, fettucini, dan sebagainya. Jadi menurut aku, makanan Indonesia juga banyak ragamnya yang bisa di-fusion,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Nasi Uduk Semur Jengkol, Menu Sarapan ala Betawi

Sementara itu, Chef Maria Irene Susanto atau terkenal dengan nama Chef Marinka mengatakan, hal yang penting dalam memadukan pasta dengan bumbu masakan Indonesia yakni terletak di bagian saus dan tingkat kematangan pasta yang sempurna (al dente).

“Yang penting ketika dicicipi itu, pastanya al dente, sausnya dapat. Mau pakai saus apapun nggak masalah, yang penting benar-benar autentik,” kata Chef Marinka.
(tsa)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2549 seconds (11.97#12.26)