New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Kamis, 04 Juni 2020 - 11:00 WIB
loading...
A A A
Jembatan Gantung Selopamioro merupakan jembatan penghubung antara Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro. Pengunjung juga dapat bermain body rafting di Sungai Oyo/Oya. Panjang sungai yang berkisar 1500 meter ini dapat ditempuh selama 1-2 jam, terdapat juga air terjun kecil di sungai ini.

Berbagai fasilitas keamanan pun disediakan, jadi pengunjung tidak perlu khawatir saat bermain body rafting di sini. Perjalanan ke Desa Kedung Miri dapat ditempuh sekitar 55 menit berkendara dari Malioboro. Di sini juga terdapat berbagai macam Song (Goa) seperti Song Sangupati, Song Watu Lawang, Song Gogor, Song Compleng dan Song Landak. Masing-masing goa dihuni oleh berbagai macam satwa liar seperti Kera, Harimau dan Landak.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Sebagai kawasan gunung api aktif di Pulau Jawa, juga terdapat jejak bersejarah di Yogyakarta ini yakni adanya gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu. Gunung Api Purba Nglanggeran yang sudah tidak aktif lagi ini berbentuk bongkahan batu andesit dengan luas sekitar 800 meter dengan tinggi sekitar 300 meter. Berbagai sisi indah pun ditawarkan di Pegunungan Nglanggeran ini, mulai dari matahari terbit, matahari terbenam hingga pemandangan malam dengan jutaan bintang bersinar indah di langit.

Menurut legenda, masyarakat yang tinggal di puncak gunung ini atau tepatnya di Tlogo Mardidho, Dusun Nglanggeran Wetan hanya terdapat 7 rumah saja dan di setiap rumah pun hanya boleh didiami oleh 1 kepala keluarga saja. Adat istiadat yang unik ini merupakan aturan yang sudah turun temurun dipercayai oleh mereka.

8. Air Terjun Sri Gethuk
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk yang berlokasi di Bleberan Playen, Gunungkidul ini memiliki sebuah keunikan yaitu setiap harinya aliran air terjun ini akan terus mengalir tanpa mengenal musim, baik itu musim hujan maupun musim kemarau. Konon Air Terjun Sri Gethuk adalah tempat khusus untuk menyimpan Kethuk. Kethuk sendiri adalah sebuah alat musik gamelan yang dimiliki oleh sesosok makhluk halus yaitu Jin Anggo Meduro. Dari situ lah nama Air Terjun Sri Gethuk sendiri diambil.

Jarak tempuh yang harus ditempuh yaitu sekitar 35 km atau 1 jam lebih perjalanan dari kota Yogya. Anda tertarik untuk mengunjunginya? Gunakan pakaian yang sesuai ya, karena pengunjung diharuskan untuk menyusuri jalan setapak dan aliran Sungai Oyo/Oya yang cukup deras pada sore hari. Lokasi Air Terjun Sri Gethuk: Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

9. Cave Tubing Kalisuci
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Tak banyak yang tahu bahwa terdapat sungai yang mengalir di bawah tanah di Kota Sultan ini. Anda dapat menemukan sungai bawah tanah tersebut di Jetis, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih sekitar 47,4 km atau 1 jam 30 menit dari kota Jogja.

Bagi para pengunjung yang suka berpetualang mengarungi sungai, Cave Tubing Kalisuci bisa jadi destinasi pilihan tepat jika sedang berlibur ke Yogya. Menikmati sensasi berpetualang menyusuri goa sambil berarung jeram (rafting) sungguh terasa menyenangkan. Medan yang berkelok-kelok disertai air sungai yang jernih dan segar akan membuat momen liburanmu semakin lengkap.

10. Puncak Canting Mas Puncak Dipowono
New Normal, Ini 10 Destinasi Wisata Hits di Yogyakarta

Alam Kulon Progo memang terkenal indah dengan dominasi pegunungan yang hijau di bagian utara dan pantai di bagian selatan. Keduanya menawarkan eksotisme yang luar biasa. Puncak Canting Mas Puncak Dipowono adalah salah satu bukti bahwa Kulon Progo memang layak disebut surga wisata alam di Yogyakarta.

Penasaran dengan tempat wisata yang satu ini? Canting Mas Puncak Dipowono terletak di Dusun Clapar, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Di lokasi ini, sangat pas bagi Anda yang gemar fotografi. Di sini tersedia beragam spot foto instagenik yang dijamin membuat feed instagram Anda makin cantik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)