Penyebab Kolesterol Tinggi pada Wanita, Ketahui Gejala dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 05:15 WIB
loading...
Penyebab Kolesterol Tinggi pada Wanita, Ketahui Gejala dan Cara Mengatasinya
Penyebab kolesterol tinggi pada wanita sangat beragam. Karena itu penting untuk mengetahui gejala dan cara mengatasi kolesterol tinggi agar terhindar stroke. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Penyebab kolesterol tinggi pada wanita sangat beragam. Oleh karena itu penting untuk mengetahui gejala dan cara mengatasi kolesterol tinggi agar terhindar dari penyakit jantung atau stroke .

Dilansir dari Healthline, Sabtu (30/10/2021) wanita umumnya memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi daripada pria, karena hormon seks wanita yang dikenal sebagai estrogen.

Menurut Institut Kesehatan Nasional, penelitian juga menunjukkan bahwa kadar kolesterol pada wanita bervariasi tergantung pada fase siklus menstruasi, karena perubahan kadar estrogen.

Saat kadar estrogen meningkat, kolesterol HDL juga meningkat, memuncak pada saat ovulasi. Di sisi lain, kolesterol LDL dan kolesterol total menurun saat kadar estrogen meningkat, mencapai titik terendah sebelum menstruasi.

Saat wanita mengalami menopause sekitar usia 50 hingga 55 tahun, banyak yang mengalami perubahan kadar kolesterol mereka. Saat menopause , kadar kolesterol total dan kolesterol LDL cenderung meningkat dan kolesterol HDL cenderung turun.


Untuk alasan ini, bahkan wanita yang memiliki nilai kolesterol baik selama sebagian besar hidup mereka mungkin memiliki kolesterol tinggi di kemudian hari. Selain itu, kehamilan dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena penyakit jantung, termasuk komplikasi seperti preeklamsia dan diabetes gestasional.

Kehamilan juga dapat menyebabkan kadar kolesterol total meningkat, tetapi kadarnya biasanya kembali normal setelah kehamilan. Selain itu, faktor genetika dan gaya hidup juga dapat memainkan peran besar.

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Dalam kebanyakan kasus itu hanya menyebabkan peristiwa darurat. Misalnya, serangan jantung atau stroke dapat terjadi akibat kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Itulah mengapa skrining kolesterol rutin penting dilakukan.

Sementara itu, cara terbaik untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan perubahan gaya hidup sehat. Seperti halnya makan diet rendah garam yang menekankan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, batasi jumlah lemak hewani dan gunakan lemak baik dalam jumlah sedang.

Menurunkan berat badan ekstra dan mempertahankan berat badan yang sehat, berhenti merokok, berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu setidaknya selama 30 menit, jika Anda minum alkohol penting untuk minum secukupnya dan kelola stres.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)