Obat Penurunan Kolesterol Jenis Statin, Amankah Dikonsumsi Tiap Hari?

Senin, 01 November 2021 - 13:36 WIB
loading...
Obat Penurunan Kolesterol Jenis Statin, Amankah Dikonsumsi Tiap Hari?
Obat kolesterol tinggi jenis statin merupakan salah satu jenis obat kolesterol yang dikenal di masyarakat. Namun, tak banyak yang mengetahui keamanan obat ini. Foto/Diabetes UK.
A A A
JAKARTA - Obat kolesterol tinggi jenis statin merupakan salah satu jenis obat penurun kolesterol yang sangat dikenal di masyarakat. Namun, tak banyak yang mengetahui seberapa aman obat ini dikonsumsi setiap hari.

Dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (1/11/2021), statin dapat menurunkan kolesterol dengan menghalangi enzim HMG CoA reduktase yang digunakan hati untuk membuat kolesterol.

Meski memiliki manfaat menurunkan kolesterol dalam tubuh, namun statin juga memiliki efek samping bagi orang yang mengonsumsinya. Beberapa efek samping statin yang paling sering dialami adalah sembelit atau mual.

Mereka yang mengkonsumsi statin juga mengeluh sakit kepala dan gejala seperti pilek, sakit otot, dengan atau tanpa cedera otot, cacat hati, peningkatan kadar glukosa darah dan masalah memori reversibel.

Jika seseorang tidak dapat menggunakan statin karena efek sampingnya, maka disebut memiliki alergi terhadap produk statin. Konsumsi statin juga harus dihindari bersamaan dengan jeruk lantaran dapat meningkatkan efek samping.


Para pengguna statin pun harus membatasi jumlah alkohol yang diminum. Sebab menggabungkan alkohol dan statin dapat meningkatkan risiko kerusakan hati.

Adapun fungsi lain dari statin di antaranya adalah meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah, mengurangi peradangan (pembengkakan) dan kerusakan, mengurangi risiko pembekuan darah dengan menghentikan trombosit saling menempel.

Selain itu, statin juga bisa membantu membuat plak (timbunan lemak) lebih kecil kemungkinannya untuk pecah dan menyebabkan kerusakan.

Manfaat lain dari statin ini dapat membantu mencegah penyakit pembuluh darah koroner (PJK) khususnya pada orang yang memiliki riwayat serangan jantung dan yang berisiko.

Sementara itu, beberapa merek statin yang sering beredar secara umum mencakup atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pitavastatin, pravastatin, rosuvastatin dan simvastatin.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)