Bisa Menyerang Siapa Saja, Yuk Kenali Gejala dan Penyebab PTSD

Selasa, 02 November 2021 - 22:20 WIB
loading...
Bisa Menyerang Siapa Saja, Yuk Kenali Gejala dan Penyebab PTSD
Gangguan stres pasca-trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD) merupakan kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gangguan stres pasca-trauma atau post-traumatic stress disorder (PTSD) merupakan kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan baik mengalaminya atau menyaksikannya.

Gejala mungkin termasuk kilas balik, mimpi buruk dan kecemasan parah, serta pikiran tak terkendali tentang peristiwa tersebut.

Kebanyakan orang yang mengalami peristiwa traumatis berpotensi mengalami kesulitan sementara untuk menyesuaikan dan mengatasinya. Tetapi dengan waktu dan perawatan diri yang baik, mereka biasanya menjadi lebih baik.

Baca juga: 10 Artis yang Suka Mengundang Anak Yatim, dari Raffi Ahmad hingga Via Vallen

Dikutip dari Mayo Clinic pada Selasa (2/11/2021), apabila gejalanya memburuk, berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, dan mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda mungkin harus segera berkonsultasi dengan psikiater atau tenaga ahli kejiwaan.

Gejala

Gejala gangguan stres pasca-trauma dapat dimulai dalam kurun waktu 1 bulan setelah peristiwa traumatis, tetapi terkadang gejala mungkin tidak muncul sampai bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut.

Gejala-gejala ini menyebabkan masalah yang signifikan dalam situasi sosial atau pekerjaan dan dalam hubungan. Mereka juga dapat mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan tugas normal sehari-hari.

Gejala PTSD umumnya dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu ingatan yang mengganggu, penghindaran, perubahan negatif dalam pemikiran dan suasana hati, dan perubahan reaksi fisik dan emosional. Gejala dapat bervariasi dari waktu ke waktu atau bervariasi dari orang ke orang.

Pencegahan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)