Ini Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam di Pipi

Selasa, 02 November 2021 - 23:02 WIB
loading...
A A A
2. Skincare Pencerah

Selain treatment, kamu juga bisa menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi menggunakan skincare yang berfungsi untuk mencerahkan.

Terdapat beberapa kandungan skincare pencerah yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, seperti Retinoids (Vitamin A), Niacinamide (Vitamin B), Ascorbid Acid (Vitamin C), Arbutin, Kojic Acid, Tranexamid Acid, Azelaic Acid, dan Licorice Root Extract.

Seperti menukil video TikTok dari dokter Yessica Tania, yang dikenal sering memberi edukasi mengatasi permasalahan kulit, disebutkan bahwa terdapat berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat hitam, salah satunya seperti menggunakan skincare dengan kandungan pencerah seperti di atas.

Bagi pemula, bisa memilih salah satu kandungan pencerah saja. Skincare yang memiliki kandungan pencerah dapat menekan produksi warna kecokelatan atau kehitaman pada kulit, dan membantu memudarkan warna kehitamannya.

3. Exfoliasi

Exfoliasi pada kulit juga merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Skincare exfoliasi yang bisa kamu gunakan adalah skincare yang mengandung AHA dan BHA. AHA adalah Alpha Hydrocid Acid yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, mempercepat proses regenerasi kulit, dan juga mencerahkan.

Sedangkan, BHA adalah Beta Hydrocid Acid yang dapat masuk ke dalam pori-pori untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati akibat kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Exfoliasi dapat dilakukan 1-2 kali seminggu, dan jangan lupa setiap kali melakukan exfoliasi menggunakan moisturizer agar kulit wajah tetap lembap.

Melakukan exfoliasi terlalu sering juga tidak diperbolehkan, karena dapat membuat kulit menjadi kering, wajah kemerahan, muncul jerawat, dan memicu permasalahan kulit lainnya. Pasalnya, semua sel kulit sehat yang seharusnya melindungi kulit wajah menjadi hilang lantaran diexfoliasi terlalu sering.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2862 seconds (0.1#10.140)