Ini Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam di Pipi

Selasa, 02 November 2021 - 23:02 WIB
loading...
Ini Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam di Pipi
Menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di pipi tentu dianggap tidak mudah bagi para pejuang jerawat. / Foto: ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Menghilangkan bekas jerawat yang menghitam di pipi tentu dianggap tidak mudah bagi para pejuang jerawat. Perlu diketahui bahwa bekas jerawat hitam di pipi disebut juga dengan PIH (Post Inflammatory Hiperpigmentasi).

Bekas jerawat PIH ini merupakan bekas jerawat yang muncul dengan warna kecokelatan atau kehitaman yang disebabkan oleh melanin atau pigmen pemberi warna pada kulit yang berlebih akibat inflamasi.

Umumnya bekas jerawat hitam sering kali muncul di area pipi, dan lebih sering ditemukan pada orang yang memiliki kulit cenderung sedang dan gelap. Pasalnya, kulit mereka mempunyai sel yang memproduksi melanin lebih banyak dan aktif. Penyebab adanya PIH pada kulit biasanya juga disebabkan oleh jerawat dan paparan sinar matahari.

Baca juga: 10 Artis yang Suka Mengundang Anak Yatim, dari Raffi Ahmad hingga Via Vallen

Dalam menghilangkan bekas jerawat hitam kebanyak tidak bisa begitu saja, diperlukan adanya proses. Kebanyakan pejuang jerawat mengalami kesulitan dalam hal menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi mereka.

Kendati demikian, tidak perlu khawatir karena kamu bisa membantu mempercepat proses penghilangan bekas jerawat hitam itu dengan berbagai cara. Berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

1. Laser

Ada beberapa treatment yang dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, salah satunya adalah dengan terapi Laser. Dikutip dari Halodoc bahwa penemuan menunjukkan laser wajah 90 persen lebih efektif daripada metode perawatan dermabrasi dan pengelupasan kulit oleh bahan kimia untuk menghilangkan bekas jerawat.

Panas dari laser dapat menghilangkan lapisan atas kulit di mana bekas luka dari laser dapat membuat kulit kamu terkelupas. Dengan demikian, membantu menghilangkan noda bekas jerawat hitam yang ada di pipi karena akan terdorong oleh pertumbuhan sel kulit baru yang tampak lebih halus.

Tapi, treatment laser ini belum tentu cocok untuk semua orang, karena perawatan ini menyebabkan reaksi pada sebagian orang, terutama yang memiliki kulit sensitif. Dan biasanya setelah melakukan laser, diperlukan masa pemulihan rata-rata 1-2 minggu. Jadi pastikan kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter profesional yang mengerti dengan kondisi kulitmu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)