5 Makanan Pencegah Kanker Prostat, Para Pria Wajib Rutin Konsumsi Ini!

Rabu, 03 November 2021 - 08:57 WIB
loading...
5 Makanan Pencegah Kanker Prostat, Para Pria Wajib Rutin Konsumsi Ini!
Tomat dan brokoli adalah makanan yang efektif untuk mencegah kanker prostat. Foto/lifescience
A A A
JAKARTA - Kanker prostat sampai saat ini masih menjadi momok bagi kaum adam. Datang tanpa gejala di stadium awal, kanker ini biasanya mulai menimbulkan gejala saat sudah memasuki stadium lanjut. Data dari the American Cancer Society menyebutkan bahwa kanker ini menyerang 1 dari 8 pria di Amerika.

Sebenarnya penyakit ini bisa dicegah. Salah satunya dengan gaya hidup dan pola makan sehat . Meskipun penelitian belum sepenuhnya mengetahui secara pasti penaruh diet terhadap penyakit ini, nmun beberapa ahli kesehatan meyakini kandungan dalam makanan bisa mencegah kanker prostat.

Beberapa suti mengungkapkan bahwa makanan dairy alias yang mengandung susu dan turunannya serta makanan tinggi kalsium bisa menambah risiko berkembangnya kanker prostat. Nah lantas makanan jenis apa bisa menurunkan risiko kanker prostat ini? Seperti dilansir laman Healthline, berikut 6 makanan yang direkomendasikan untuk mencegah kanker prostat:



1. Tomat

5 Makanan Pencegah Kanker Prostat, Para Pria Wajib Rutin Konsumsi Ini!


Tomat banyak mengandung zat antioksidan yang disebut lycopene yang diyakini mampu menurunkan risiko berkembangnya kanker prostat. Lycopene mencegah terjadinya kerusakan sel dan memperlambat perkembangan sel kanker pada prostat.Tomat baik dikonsumsi dalam bentuk segar atau dimasak.

2.Brokoli

5 Makanan Pencegah Kanker Prostat, Para Pria Wajib Rutin Konsumsi Ini!


Brokoli termasuk salah satu superfood yang mengandung komponen kompleks yang diyakini bisa memproteksi seseorang dari kanker. Beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara jumlah sayuran yang Anda makan termasuk brokoli dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.Alasannya masih belum jelas, tetapi para peneliti mengatakan bahwa beberapa fitokimia dalam sayuran ini termasuk sulforaphane ini selektif membunuh sel kanker sambil membiarkan sel prostat normal tetap sehat dan tidak terpengaruh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)