Keuangan Tak Minus hingga Akhir Bulan, Ini 4 Lifehack Hemat ala Anak Kos

Jum'at, 05 November 2021 - 02:36 WIB
loading...
Keuangan Tak Minus hingga Akhir Bulan, Ini 4 Lifehack Hemat ala Anak Kos
Supaya isi dompet tidak meronta-ronta, pilihlah restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau. Foto/Dok Baso Aci Akang
A A A
JAKARTA - Anak kos selalu dituntut untuk bisa berhemat, mengelola keuangan agar uang yang ada cukup hingga akhir bulan. Namun sayang, sering kali sikap gegabah dan impulsif untuk boros di awal bulan kerap berujung penyesalan di tanggal tua.

Sebenarnya banyak sekali cara mudah yang bisa dilakukan anak kos untuk berhemat, lho. Tidak percaya? Simak saja 4 lifehack hemat ala anak kos berikut ini.

1. Terapkan Skala Prioritas Kebutuhan

Ciptakan mindset pada diri sendiri untuk menetapkan prioritas pengeluaran dan hindari sikap impulsif. Selalu pertimbangkan dua hingga tiga kali sebelum membeli sesuatu di luar rencana. Tak kalah penting, utamakan alokasi pengeluaran di awal bulan untuk kebutuhan pokok terlebih dulu.

2. Unsubscribe Layanan Digital Berbayar yang Jarang Digunakan

Walaupun harga layanan digital itu terjangkau, namun jika dikalkulasikan secara keseluruhan, maka kebiasaan ini bisa menjadi sumber pengeluaran yang bikin “kering” dompet. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali layanan mana yang jarang digunakan atau carilah alternatif platform yang menawarkan layanan serupa dengan kesempatan bebas akses.

3. Mencatat Tiap Pengeluaran

Cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran agar Anda bisa dengan mudah menelusuri kembali berapa jumlah uang yang telah dibelanjakan dan apakah sudah melewati batas maksimalnya. Di era digital ini, Anda bisa memanfaatkan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay yang merekam setiap transaksi secara otomatis.

4. Cari Makanan dengan Harga Terjangkau

Supaya isi dompet tidak meronta-ronta, pilihlah restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau, salah satunya Baso Aci Akang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)