Jaga Kesehatan dengan Makanan Bergizi Seimbang, Ini Panduan Lengkapnya

Rabu, 10 November 2021 - 19:02 WIB
loading...
Jaga Kesehatan dengan Makanan Bergizi Seimbang, Ini Panduan Lengkapnya
Mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat dilakukan dengan mengikuti panduan lengkap isi piringku yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Mengutip unggahan Instagram resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Rabu (10/11/2021), mengonsumsi makanan bergizi seimbang dapat dilakukan dengan mengikuti panduan lengkap isi piringku yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

1. Makanan Pokok

150 gram nasi = 3 centong nasi/3 buah kentang/1,5 gelas mie kering.

Baca juga: Miliki Rasa yang Unik dan Spesial, Yuk Cicipi Rujak khas Gorontalo

Karbohidrat sebagai makanan pokok direkomendasikan sebanyak 2/3 bagian dari setengah isi piring, untuk satu kali makan. Sumber karbohidrat tak hanya nasi, dianjurkan mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan pokok dalam sehari.

2. Lauk Pauk

Lauk pauk hewani: 75 gram ikan kembung/1 butir telur ayam/2 potong daging sapi.

Lauk pauk nabati: 2 potong sedang tempe.

Terdiri dari hewani dan nabati, pilihan lauk pauk tentu saja tidak ada habisnya. Namun, seseorang dianjurkan mengonsumsi lauk pauk 1/3 dari setengah isi piring untuk sekali makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)