Bahayakan Kesehatan, Masyarakat Masih Banyak yang Salah Pahami Kualitas Udara

Rabu, 17 November 2021 - 16:06 WIB
loading...
Bahayakan Kesehatan, Masyarakat Masih Banyak yang Salah Pahami Kualitas Udara
Polusi udara bisa menjadi salah satu bahaya kesehatan yang mengancam masyarakat. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Polusi udara bisa menjadi salah satu bahaya kesehatan yang mengancam masyarakat. Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang salah memahami tentang kualitas udara yang baik.

Hal tersebut terungkap dalam survei KIC tentang Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Udara di Indonesia yang dilakukan pada 23-29 Agustus 2021 terhadap 1.570 warga Jabodetabek secara online.

Hasil survei itu menunjukkan, sebanyak 45,9% warga Jabodetabek masih menganggap warna langit biru cerah sebagai indikator udara bersih. Hanya 15,4% yang menggunakan alat pemantau atau aplikasi sebagai rujukan untuk mengetahui kualitas udara.

Baca juga: Malam Puncak Anugerah Musik Indonesia Awards 2021 Bertabur Musisi Tanah Air

Sementara pengetahuan lebih dalam dan jauh, misal mengenai Particulate Matter (PM) 2,5 masih sangat minim diketahui, yakni hanya 22,1%.

"Padahal, jenis partikulat ini membahayakan kesehatan, karena berukuran sangat kecil sehingga dapat menembus bulu hidung atau paru-paru dan menimbulkan penyakit," papar Panel Ahli Katadata Insight Center, Mulya Amri dalam Rilis Temuan Survei Polusi Udara Minim Dibicarakan Padahal Berbahaya, Rabu (17/11/2021).

Di sisi lain, lanjut Mulya, masih banyak masyarakat yang melakukan berbagai aktivitas yang berdampak buruk pada kualitas udara.

Dari hasil survei juga terungkap, sebanyak 8,9% warga Jabodetabek masih mengelola sampahnya dengan cara dibakar serta masih banyak pula yang merokok (32,5%) yang diketahui bisa memberikan dampak tak baik bagi kesehatan pernapasan.

"Hal ini menunjukkan, masih banyak upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai udara bersih, serta bagaimana tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaikinya," ujar Mulya.

Senada, Co-Founder dan Chief Growth Officer NAFAS, Piotr Jakubowski menerangkan, saat ini masih banyak kesalahpahaman di tengah masyarakat terkait dengan polusi udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)