Buah Penyebab Asam Urat yang Harus Segera Dikurangi, Mulai dari Apel hingga Kurma

Jum'at, 19 November 2021 - 19:26 WIB
loading...
Buah Penyebab Asam Urat yang Harus Segera Dikurangi, Mulai dari Apel hingga Kurma
Buah penyebab asam urat jumlahnya cukup banyak. Namun yang memiliki kandungan pemicu asam urat hanya beberapa diantaranya apel dan kurma. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Buah penyebab asam urat sudah menjadi makanan yang dikonsumsi setiap hari. Namun yang memiliki kandungan pemicu asam urat hanya beberapa diantaranya apel dan kurma.

Seperti diketahui, asam urat atau biasa disebut dengan gout hingga kini masih menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dialami masyarakat di dunia.

Asam urat ini biasanya memengaruhi persendian pada kaki, terutama area jempol kaki dan terasa sangat menyakitkan.

Asam urat biasanya tidak memberikan gejala-gejala dan kerap muncul secara tiba-tiba.Asam urat terjadi disebabkan karena makanan yang dikonsumsi mengandung bahan kimia yang terurai dalam tubuh.



Bahan tersebut membentuk sesuatu yang disebut dengan asam urat. Ketika tubuh membangun kelebihan kadar asam urat dalam darah, maka akan menghasilkan bentuk radang sendi yang dikenal dengan asam urat.

Merangkum dari Everyday Health, Jumat (19/11/2021), kandungan fruktosa yang memberikan rasa manis pada buah dan sayuran disebut dapat memicu asam urat pada tubuh.

Para peneliti melaporkan makanan tinggi fruktosa bisa membuat asam urat dapat menciptakan nyeri kronis.

Beberapa buah-buahan yang diduga dapat memicu terjadinya asam urat, diantaranya apel, persik, pir, plum, anggur, plum kering, dan kurma.



Namun perlu diingat, seseorang masih bisa mengonsumsi buah-buahan ini asal bisa membatasinya dalam jumlah sedang.

Seseorang bisa membatasi asupan buah-buah tersebut sekira 300 gram per hari.

Lebih penting lagi, hindari soda atau minuman ringan dan jus yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi air atau jus buah asli.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2496 seconds (0.1#10.140)