5 Manfaat Buah Semangka Buat Ibu Hamil, Nomor 3 Sangat Penting

Jum'at, 26 November 2021 - 20:56 WIB
loading...
5 Manfaat Buah Semangka Buat Ibu Hamil, Nomor 3 Sangat Penting
Manfaat buah semangka buat ibu hamil sangat penting diketahui. Selain mampu mengurangi pembengkakan di kaki dan tangan juga dapat mencegah dehidrasi yang bisa menimbulkan kontraksi. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Manfaat buah semangka buat ibu hamil sangat penting diketahui. Selain dapat mengurangi pembengkakan kaki dan tangan, juga dapat mencegah dehidrasi hinggamenyebabkan kontraksi.

Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan selama masa kehamilan adalah langkah yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

Salah satu buah yang baik saat masa kehamilan adalah semangka, sebab di dalamnya mengandung air sekitar 91 persen yang tentunya sangat baik bagi ibu hamil.



Namun, bukan berarti air tersebut bisa mengurangi kandungan vitamin lain yang terkandung di dalam semangka. Di dalam buah berwarna merah ini, masih banyak mengandung nutrisi lainnya seperti mineral, antioksidan dan vitamin yang diperlukan tubuh. Berikut 5 manfaat semangka untuk ibu hamil:

1. Mengurangi Pembengkakan di Kaki dan Tangan

Edema, atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan, sangat umum terjadi selama kehamilan. Semangka dengan kandungan airnya yang tinggi mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot dan dengan demikian membantu mencegah edema.

2. Mengurangi Morning Sickness

Manfaat buah semangka untuk bumil selanjutnya adalah membantu mengatasi morning sickness atau kondisi mual dan muntah di pagi hari. Kondisi ini seringkali dialami oleh ibu hamil, terutama di masa kehamilan trimester pertama.

Morning sickness dapat diatasi dengan mengonsumsi kalium. Selain dari suplemen, kalium juga dapat diperoleh dari buah-buahan seperti semangka.

3. Mencegah Dehidrasi

Semua ibu hamil disarankan untuk banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur.

Semangka mengandung lebih dari 90 persen air dan memakannya adalah cara yang bagus dan sangat penting untuk tetap terhidrasi.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat semangka untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit. Hal ini karena karena semangka banyak mengandung vitamin C dan antioksidan.

Vitamin C efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sementara antioksidan berperan untuk menangkal zat-zat berbahaya dari lingkungan agar tidak masuk ke dalam tubuh.

5. Mengurangi Keram Otot

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami berbagai macam perubahan. Kelebihan berat badan dan hormon menyebabkan otot dan tulang terasa sakit.

Mengkonsumsi semangka dalam bentuk apa pun dapat membantu tubuh mengatasi perubahan ini dengan lebih baik dan meredakan keram otot.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)