Sarapan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Tinggi

Rabu, 01 Desember 2021 - 12:16 WIB
loading...
Sarapan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Tinggi
Penderita diabetes harus mengkonsumsi sarapan yang tepat. Pasalnya, sembarang makan bisa menyebabkan gula darah tinggi dan masalah kesehatan yang serius. Foto/Better Me.
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes harus mengkonsumsi sarapan yang tepat. Pasalnya, sembarang makan bisa menyebabkan gula darah naik sehingga meningkatkan peluang masalah kesehatan yang serius.

Jika Anda sudah menderita diabetes , hal-hal seperti olahraga, insulin, obat-obatan, dan diet sehat dapat membantu menjalani hidup yang lebih sehat. Makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah seperti hal-hal yang tinggi gula dan rendah serat.

Dilansir dari Eat This, Rabu (1/12/2021) makanan tersebut bisa berbahaya untuk dimakan bagi mereka yang sudah hidup dengan diabetes.

Sarapan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Tinggi


Menurut Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di GoWellness, salah satu sarapan terburuk untuk penderita diabetes adalah sereal dan susu. Pasalnya, meski memiliki rasa yang nikmat, sereal dan susu mengandung karbohidrat dan gula dengan jumlah tinggi.

Baca Juga: 9 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Sering Lapar

"Sereal dan susu tradisional untuk sarapan berpotensi menaikkan kadar glukosa darah Anda, terutama jika Anda memilih sereal dengan sedikit atau tanpa serat," kata D'Angelo.

Karena diabetes sangat memengaruhi cara tubuh Anda memproses gula darah, sereal dan susu merupakan sarapan yang harus dihindari.

Mendapatkan cukup serat bisa membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga jika Anda masih ingin makan sereal, pastikan memilih yang tinggi serat. D'Angelo juga menyarankan untuk menggantinya dengan oatmeal dan kacang di atasnya.

"Dengan sarapan ini, Anda mendapatkan kacang-kacangan dengan serat dan protein," jelas D'Angelo.

Baca Juga: Diabetes, 5 Sayur Penurun Gula Darah Tinggi yang Ampuh

Sebagai bonus, kacang-kacangan seperti almond mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang menurut penelitian dapat membuat gula darah yang stabil.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2249 seconds (11.97#12.26)