4 Minuman dengan Kolesterol Jahat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan!

Sabtu, 04 Desember 2021 - 05:05 WIB
loading...
4 Minuman dengan Kolesterol...
Minuman dengan kolesterol jahat menyebabkan masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke jika dikonsumsi berlebihan sehingga penting menghindarinya. Foto/Eat This.
A A A
JAKARTA - Minuman dengan kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung dan stroke jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk menghindari minuman ini.

Bukan hanya apa yang ada di piring Anda yang dapat berkontribusi pada risiko kolesterol jahat. Faktanya, banyak minuman yang diminum setiap hari dapat membahayakan Anda. Berikut minuman dengan kolesterol jahat seperti dilansir dari Eat This, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Ikan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Sebaiknya Jangan Berlebihan Dikonsumsi

1. Soda

4 Minuman dengan Kolesterol Jahat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan!


Jika Anda ingin menurunkan risiko kolesterol jahat meningkat, berhenti minum soda adalah awal yang baik.

"Minuman manis adalah salah satu minuman penyumbang kolesterol tinggi. Satu studi 12 tahun yang melibatkan 6 ribu peserta menemukan bahwa minuman manis lebih banyak dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi daripada mereka yang memiliki kolesterol normal dalam penelitian ini," kata Trista Best, MPH, RD, LD, ahli diet terdaftar di Balance One Supplements.

2. Alkohol

4 Minuman dengan Kolesterol Jahat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan!


Meskipun minum sesekali untuk merayakan acara khusus mungkin tidak menggagalkan tujuan kesehatan Anda, konsumsi alkohol secara teratur dapat membuat kolesterol Anda melonjak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal menemukan bahwa minum berlebihan, baik sesekali atau teratur, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

"Minum alkohol lebih dari jumlah moderat per hari dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol," jelas ahli diet terdaftar Becky Kerkenbush, MS, RD-AP, CSG, CD, FAND, presiden Wisconsin Academy of Nutrition and Dietetics.

Alkohol mengandung 7 kalori per gram, yang mendekati 9 kalori per gram yang disediakan oleh lemak. Karbohidrat dan protein menyediakan 4 kalori per gram. Jika seseorang minum lebih dari jumlah sedang alkohol setiap hari, ini dapat menyebabkan kelebihan kalori dan penambahan berat badan.

Di sisi lain, konsumsi anggur merah sesekali dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan alkohol sebagai kategori juga telah dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol baik bila dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Baca Juga: 7 Cara Alami Kurangi Kadar Kolestrol Jahat dalam Tubuh, Gampang dan Tanpa Efek Samping

3. Kopi

4 Minuman dengan Kolesterol Jahat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan!


Kopi tanpa filter seperti French press dapat meningkatkan kolesterol jahat dan cukup signifikan jika Anda meminumnya dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan oleh senyawa lipid kopi seperti kafestol, yang dihilangkan oleh filter kertas. Beberapa cangkir kopi dapat meningkatkan kolesterol jahat sebanyak 15 mg/dl.

4. Milkshake

4 Minuman dengan Kolesterol Jahat, Jangan Dikonsumsi Berlebihan!


"Milkshake jika sering dikonsumsi dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik," ujar Angela Houlie, MS, RDN, CDN selaku pendiri dan pemilik My Fruitful Body Nutrition PLLC.

Karena kandungan lemak milkshake yang tinggi, lebih baik hindari minuman ini dan pilih minuman yang lebih sehat seperti smoothie.

Baca Juga: Waspadai Penyakit Komplikasi Akibat Kolesterol Tinggi, Bisa Mematikan
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Mitos atau Fakta Golongan...
Mitos atau Fakta Golongan Darah O Rentan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasan Pakar IPB
Kiri Matcha, Destinasi...
Kiri Matcha, Destinasi Matcha Pertama di Indonesia dengan Sensasi Floral
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Kemenkes Terapkan Label...
Kemenkes Terapkan Label Nutri Level, dr. Gia: Pilih yang A untuk Anak
Menkes Ungkap Cara Membaca...
Menkes Ungkap Cara Membaca Label Nutri-Level pada Minuman
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Lewat LinkUMKM BRI,...
Lewat LinkUMKM BRI, Zdrink Kembangkan Minuman Cokelat Instan Berbahan Kakao Khas Lampung
Layanan Stroke Medan...
Layanan Stroke Medan Raih Pengakuan Internasional dari World Stroke Organization
Inovasi Terapi Standar...
Inovasi Terapi Standar Global untuk Penderita Stroke di Indonesia
Rekomendasi
Mayat Ditemukan Dekat...
Mayat Ditemukan Dekat Markas Timnas Iran di Piala Dunia 2026, Teror atau Kebetulan?
Dorong Pengembangan...
Dorong Pengembangan Sport Tourism, PPK Kemayoran Gelar Turnamen Padel
Wamenhaj: Transparansi...
Wamenhaj: Transparansi jadi Kunci Berantas Kartel Haji
Berita Terkini
Ruben Onsu Unggah Video...
Ruben Onsu Unggah Video Giorgio Ngopi di Rumah Sarwendah, Captionnya Bikin Heboh
Nikahi Jennifer Coppen,...
Nikahi Jennifer Coppen, Justin Hubner Berikan Mahar 12 Gram Emas dan Uang 2.026 Euro
Bela Ruben Onsu, Betrand...
Bela Ruben Onsu, Betrand Peto Mengaku Pernah Ditampar Keluarga Sarwendah
Baskara Putra Raih Penghargaan...
Baskara Putra Raih Penghargaan Musik Bergengsi di Jepang Lewat Lagu 'everything u are'
Bawakan Lagu Goal, Lisa...
Bawakan Lagu 'Goal', Lisa BLACKPINK Buka Piala Dunia 2026 dengan Penampilan Spektakuler
Erick Thohir Terharu...
Erick Thohir Terharu Saksikan Pernikahan Justin Hubner dan Jennifer Coppen
Infografis
4 Efek Samping Mengonsumsi...
4 Efek Samping Mengonsumsi Garam Terlalu Berlebihan
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved