Demi Tak Campur dengan Wanita, Aprilio Manganang Pilih Mandi Tengah Malam atau Tidak Sama Sekali

Rabu, 08 Desember 2021 - 09:47 WIB
loading...
A A A
“Puji Tuhan belum pernah ya, karena betul menjaga. Takut kita pasti beda haluan. Sama dulu waktu jadi perempuan, gue ke toilet cowok pernah diusir. Ngapain cewek di sini," kenang putra kedua pasangan Akib Zambrud Manganang dan Suryari Bori Lano itu.

Aprilio Manganang tercatat sebagai mantan atlet voli sekaligus anggota prajurit TNI yang sebelumnya tumbuh besar sebagai seorang wanita selama 28 tahun. Sebagai atlet bola voli, namanya besar bersama tim nasional (timnas) Indonesia.



Aprilio Manganang divonis dokter mengidap hipospadia yaitu kelainan pada kelamin yang menyebabkan letak lubang kencing (uretra) bayi laki-laki menjadi tidak normal. Kondisi ini merupakan kelainan bawaan sejak lahir. Pada awal 2021, Aprilio telah menjalani operasi pertama untuk melakukan perbaikan di alat kelaminnya.

Kondisinya saat ini masih dipantau oleh pihak medis untuk kemudian dilaksanakan operasi lanjutan demi menyempurnakan operasi sebelumnya. Kini, Aprilio telah resmi menjadi seorang lelaki berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, pada 19 Maret 2021. Ia pun bebas melepas identitas sebagai wanita.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)