Petai Bisa Sebabkan Asam Urat, Awas Jangan Dikonsumsi Berlebihan!

Senin, 13 Desember 2021 - 05:05 WIB
loading...
Petai Bisa Sebabkan Asam Urat, Awas Jangan Dikonsumsi Berlebihan!
Petai bisa menyebabkan asam urat jika dikonsumsi berlebihan. Petai mengandung zat purin yang bisa mengakibatkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Foto/iStock.
A A A
JAKARTA - Petai bisa menyebabkan asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena petai mengandung zat purin yang bisa mengakibatkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

Asam urat tinggi bisa menyebabkan gejala berupa rasa tidak nyaman seperti nyeri sendi. Oleh karena itu, mereka yang memiliki penyakit asam urat tidak disarankan mengonsumsi petai secara berlebihan yakni 1-2 papan sekali makan.

Selain asam urat, mengonsumsi petai berlebihan juga bisa menyebabkan efek samping seperti gangguan ginjal lantaran makanan ini mengandung asam amino yang cukup tinggi. Asam amino yang bisa menyebabkan masalah kesehatan pada ginjal.


Mengonsumsi petai secara terus-menerus juga bisa menyebabkan rematik . Di sisi lain, bagi penderita asam urat yang tidak terkontrol, konsumsi petai berlebih tanpa disadari bisa menyebabkan kerusakan sendi secara permanen.

Ini karena purin menumpuk dan berubah menjadi asam urat. Kondisi ini bisa menyebabkan pembentukan kristal sendi yang semakin parah dari waktu ke waktu. Petai juga menyebabkan efek samping lainnya.

Dikutip dari Klik Dokter, Senin (13/12/2021) di antaranya bau mulut, pusing dan sakit kepala, sakit perut hingga gangguan saluran pencernaan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3291 seconds (0.1#10.140)