6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor

Senin, 20 Desember 2021 - 18:23 WIB
loading...
6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor
Makhluk gaib dalam mitologi dan cerita rakyat Korea kerap muncul di drama Korea (drakor). Seperti dokkaebi dalam Goblin dan gumiho di My Roommate is a Gumiho. Foto/Allkpop.
A A A
JAKARTA - Makhluk gaib dalam mitologi dan cerita rakyat Korea kerap muncul di drama Korea (drakor). Seperti halnya Goblin yang menampilkan dokkaebi, gumiho dalam My Girlfriend is a Gumiho dan My Roommate is a Gumiho.

Para makhluk ini memiliki cerita dan latar belakang yang berbeda-beda. Mengusung genre horor atau supranatural, drama ini menonjolkan inti budaya Korea yang dibumbui dengan adegan percintaan hingga aksi.

Berikut adalah makhluk gaib dalam mitologi dan cerita rakyat korea di drakor seperti dilansir dari Allkpop, Senin (20/12/2021).


1. Dokkaebi - Goblin

6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor


Goblin atau dokkaebi (goblin Korea) adalah salah satu entitas mitologi Korea yang paling populer. Mereka mungkin tampak seperti dewa tetapi tidak berkuasa. Dokkaebi diketahui memiliki banyak variasi kemampuan, catatan paling akurat berasal dari karya abad ke-15 berjudul Seokbo Sangjeol. Dokkaebi dipanggil untuk berharap keberuntungan, kesehatan atau umur panjang.

Dengan demikian, mereka adalah makhluk yang harus disembah karena tampak membutuhkan. Keyakinan tentang dokkaebi yang membawa keberuntungan masih bertahan hingga hari ini. Kata dokkaebi berasal dari gabungan kata tot dan abi, yang mana abi artinya laki-laki dewasa dan tot berarti api atau benih.

Oleh karena itu makhluk ini menandai dewa laki-laki yang mampu menciptakan kekayaan besar. Perbedaan antara dokkaebi dan makhluk sejenis lainnya adalah dokkaebi ingin hidup di antara manusia. Menurut Profesor Kim Jong Dae, mereka berusaha agar dikenal manusia dan mencari ikatan dengan manusia. Dokkaebi juga disebut sebagai manifestasi dari keinginan terdalam manusia.

2. Jeoseung Saja - Goblin

6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)