6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor

Senin, 20 Desember 2021 - 18:23 WIB
loading...
A A A
Dalam drama Korea Goblin, juga terdapat jeoseung saja atau malaikat maut yang dibintangi oleh Lee Dong Wook. Diceritakan malaikat maut itu tengah menghadapi hukuman atas kejahatan yang mengerikan tetapi tanpa ingatan yang sama. Selain di Goblin, malaikat maut juga diceritakan di Arang and the Magistrate, Black, 49 Days, Mystic Pop-Up Bar dan Along With the Gods.

Jeoseung saja adalah utusan alam baka, membimbing yang meninggal dari alam fana ke alam baka. Secara tradisional, jeoseung saja mengenakan hanbok hitam (pakaian Korea di era Joseon) dengan topi tradisional Korea, disebut sebagai gat.

3. Gumiho - My Girlfriend Gumiho

6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor


Gumiho sering diceritakan di banyak drama Korea seperti Tale of the Nine-Tailed, My Girlfriend is a Gumiho, My Roommate is a Gumiho dan Grudge: The Revolt of Gumiho. Dalam mitologi Korea, ketika rubah hidup lebih dari 1000 tahun, ia berubah menjadi roh yang berubah bentuk. Bentuk favoritnya untuk diambil adalah wanita cantik yang memikat pria ke kematian mereka.

Di sisi lain, untuk menjadi manusia, gumiho (rubah berekor sembilan) dapat tidak memakan manusia selama seribu hari. Menurut Gu Family Book, selama 100 hari, gumiho tidak boleh menunjukkan bentuk aslinya kepada manusia, tidak mengambil nyawa manusia atau hewan, dan membantu siapapun yang membutuhkan bantuan.

Jika gumiho tidak menyelesaikan misi ini, ia akan kehilangan kesempatan untuk menjadi manusia dan akan menjadi iblis selama 1000 tahun. Sementara beberapa cerita menunjukkan bahwa gumiho baik dan naif, orang lain melihatnya sebagai jahat.


4. Cheonyeo Gwisin - Oh My Ghost

6 Makhluk Gaib dalam Mitologi dan Cerita Rakyat Korea di Drakor


Cheonyeo gwisin adalah hantu perawan yang tidak dapat memenuhi tujuan hidupnya. Di masa lalu, kehidupan seorang wanita di masyarakat mana pun jauh lebih sulit daripada kehidupan pria. Satu-satunya alasan keberadaan mereka adalah untuk melayani ayahnya dan kemudian suami dan anak-anaknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)