5 Langkah Mudah Gaya Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes ala Konsep Karnus

Selasa, 21 Desember 2021 - 07:15 WIB
loading...
5 Langkah Mudah Gaya Hidup Sehat bagi Penderita Diabetes ala Konsep Karnus
Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Foto Ilustrasi/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Apabila sudah terkena diabetes, risiko komplikasi seperti stroke, jantung, gagal ginjal, dan amputasi bisa saja terjadi.

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) pada 2019, diabetes masih tercatat sebagai 10 besar penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia.



Bahkan International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan jumlah penderita diabetes di Indonesia bisa mencapai 28,57 juta pada 2045. Jumlah ini lebih besar sekitar 47% dibandingkan tahun 2021, yakni 19,47 juta pasien.

Menurut penelitian ahli kesehatan, penyebab utama terjadinya diabetes adalah pola hidup tidak sehat dan faktor genetik. Khusus untuk faktor pola hidup tidak sehat, hal itu bisa diatasi dengan metode pengobatan medis maupun non medis.

Dalam penelitian sejak 2017 terdapat suatu metode pengobatan baru yang scientific dan sistematis dalam mengatasi masalah penyakit diabetes dengan gaya hidup sehat, mulai mengatur pola makan, memenuhi nutrisi harian, hingga melakukan aktivitas fisik. Gaya hidup sehat itu terangkum secara lengkap dalam konsep kesehatan bernama Karnus.

Konsep Karnus berusaha memahami dan mempelajari sistem tubuh manusia sesuai dengan algoritma Sang Pencipta melalui berbagai ilmu tentang manusia dan alam semesta. Konsep Karnus juga mengartikan bahwa tubuh yang sehat, setiap selnya harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat beregenerasi. Oleh karena itu, inti dari setiap masalah kesehatan menurut konsep Karnus berawal dari lambung yang gagal memberikan asupan nutrisi untuk setiap sel dalam tubuh.

Hal ini sesuai dengan pendapat mantan Menteri Pertanian Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS bahwa konsep Karnus itu baik, karena berawal dari sebuah filosofi bahwa sumber penyakit berasal dari perut.

“Konsep Karnus ini ternyata membantu percepatan penyembuhan atau pengendalian penyakit-penyakit degeneratif,” ujar Dr Anton Apriyantono melalui keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Berikut lima langkah mudah gaya hidup sehat menurut konsep Karnus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)