Bolehkan Makan Bawang Putih Saat Hamil?

Selasa, 09 Juni 2020 - 14:30 WIB
loading...
Bolehkan Makan Bawang Putih Saat Hamil?
Bawang putih merupakan makanan anti-virus yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi ada beberapa wanita hamil yang memilih untuk tidak mengkonsuminya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kehamilan adalah momen spesial dalam kehidupan wanita. Tak heran jika selama kelamilan, perempuan kerap menjaga kesehatan secara ekstra. Apalagi ada banyak hal dan tidak boleh dilakukan, disamping makanan yang direkomendasikan.

Di antara yang paling diperdebatkan adalah bawang putih. Meskipun bawang putih merupakan makanan anti-virus yang membawa manfaat bagi kesehatan, ada beberapa wanita memilih menahan diri untuk tidak mengkonsumi bawang putih sama sekali.

Seperti dilansir Times of India, bawang putih tidak hanya memasok banyak nutrisi, vitamin, dan mineral untuk tubuh, juga merupakan obat anti-bakteri alami. Bawang putih juga menormalkan aliran darah dalam tubuh dan menyeimbangkan fungsi hormon.

Manfaat makan bawang putih secara teratur juga dijamin selama masa pandemic virus corona karena merupakan makanan anti-virus. Ini karena bawang putih mengandung allicin, yang secara efektif bekerja dalam memerangi berbagai kuman dan virus.

Sementara, ada makanan tertentu yang disebut sangat bermanfaat selama kehamilan dan beberapa makanan yang berbahaya, seperti kafein. Lalu, bagaimana dengan bawang putih? (Baca juga: Musisi Senior Benny Likumahuwa Meninggal Dunia ).

Mengkonsumi bawang putih benar-benar aman selama trimester pertama, tetapi wanita hamil harus berhati-hati tentang jumlah yang dikonsumsi selama tahap akhir kehamilan, terutama selama bulan-bulan terakhir.

Makan bawang putih mentah dalam kehamilan adalah sesuatu yang cenderung dihindari banyak wanita, meski aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Alasannya, bawang putih mengandung sifat pengencer darah yang dapat mempengaruhi tekanan darah, memiliki terlalu banyak dapat sedikit menakutkan.

Alasan lain karena rasa dan baunya. Karena sangat pedas, bawang putih bisa membuat sedikit kurang selera dan membuat beberapa wanita mual saat melihatnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)