Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Panderita Kolesterol Tinggi

Rabu, 22 Desember 2021 - 08:30 WIB
loading...
A A A
Hanya makanan yang berasal dari hewan yang mengandung kolesterol makanan. Daging juga cenderung mengandung lemak jenuh yang tidak sehat, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Daging dengan lemak atau kulit yang terlihat adalah pilihan yang sangat tidak baik. Cobalah untuk mengurangi jumlah daging dalam diet Anda.

4. Produk Susu Penuh Lemak

Banyak orang tidak menyadari berapa banyak lemak jenuh yang mereka dapatkan dari produk susu seperti es krim penuh lemak, keju, susu murni, dan yogurt lemak utuh. Sebaiknya pilih produk susu yang bebas lemak, dibuat dengan 2% susu, atau sebagian skim.


Makanan Terbaik untuk Penderita Kolesterol

1. Stanol dan Sterol Tanaman

Ini adalah senyawa alami yang ditemukan di dinding sel tanaman. Mereka mengganggu penyerapan kolesterol di usus kecil dan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2012 di Lipids in Health and Disease menemukan bahwa makan 9 sampai 10 gram stanol per hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat lebih dari 17 dan sebanyak 22%.

2. Kedelai

Protein kedelai mengandung isoflavon dan fitoestrogen, yang menghalangi penyerapan kolesterol dan produksi kolesterol baru. Sumber protein kedelai yang baik termasuk tahu, susu kedelai dan edamame.

3. Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi yang menurunkan kolesterol termasuk biji-bijian, 100% roti gandum, oat, dan barley, kacang polong, sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan dengan kulit yang keras. Baca label nutrisi dengan cermat dan cari kandungan serat lebih dari 3 gram per porsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)